17 Dec 2019, 15:15Jantung

Apakah nyeri dada merupakan gejala dari sakit jantung?

RZ
Info Penanya: RZ, Pria, 36 Tahun
dokter saya mau bertanya. 3 bulan lalu saya tiba-tiba mengalami nyeri dada di sebelah kiri. dada terasa sakit dan jantung berdebar-debar kencang trus demam dan sesak napas. penyebabnya apa ya dokter? apa mungkin itu gejala dari penyakit jantung?
40177 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, R.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Nyeri dada sebelah kiri kerap kali diidentikkan dengan gejala sakit jantung. Hal ini terjadi karena letak organ jantung yang berada disekitar dada ke arah kiri dan gejala gangguan jantung yang menimbulkan gejala nyeri di dada khususnya dada sebelah kiri. Namun penyebab lainnya dapat juga menimbulkan nyeir dada kiri. Sedangkan pada penyakit jantung, nyeri dada kiri yang dirasakan memiliki ciri-ciri khusus seperti adanya penjalaran ke tangan dan rahang bagian kiri, nyerinya seperti tekanan atau remasan, disertai sesak, keringat dingin, pusing hingga mual muntah.

Berikut beberapa penyebab umum dari nyeri dada kiri :

  • Angina
  • Serangan jantung 
  • Miokarditis (peradangan pada otot jantung)
  • Perikarditis (peradangan pada kantung pembungkus jantung)
  • Kardiomiopati (penyakit pada otot jantung)
  • pneumonia (peradangan pada paru-paru)
Terkait dengan keluhan dan pertanyaan Anda, nyeri dada yang Anda rasakan bisa saja merupakan gangguan jantung, tetapi umumnya gangguan jantung tidak disertai demam, dan masih ada kemungkinan gangguan yang terjadi dari paru-paru seperti pneumonia.Karena belum dapat dipastikan penyebabnya, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui sumber gangguan yang menimbulkan gejala tersebut. Sehingga dapat diberikan penaganan yang sesuai dengan penyebabnya. Apabila keluhan tersebut lebih mengarah pada gangguan jantung, dokter dapat menyarankan pemeriksaan rekam jantung terlebih dahulu kemudian dokter mungkin akan menyarankan pengobatan tertentu untuk mencegah kekambuhan gejala ataupun perawatn dan tindakan. Sedangkan untuk gangguan pada paru-paru, dokter mungkin akan menyarankan prosedur foto rontgen.Apabila keluhan tersebut terjadi kembali segeralah mencari bantuan medis darurat.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
penyakit paru-parupenyakit jantungnyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil