19 Jun 2020, 21:40Kandungan

Apakah normal terjadi kontraksi dalam jangka waktu panjang?

WI
Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Dok, usia kehamilan saya 39 minggu. Baru-baru ini saya mengalami kontraksi selama satu setengah hari, tapi hingga sekarang masih pembukaan 2. Apakah ini normal, dok?
8487 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat malam, WI. Kontraksi merupakan kondisi meregangnya otot-otot rahim. Kontraksi dirasakan mirip dengan kram perut pada saat menstruasi awal dimana perut bawah terasa kencang dan melilit. Hal ini pada umumnya dapat terjadi sepanjang masa kehamilan.

Berikut ini merupakan jenis dari kontraksi yang biasa terjadi selama masa kehamilan:

  • Kontraksi dini. Biasanya terjadi pada awal kehamilan yaitu trimester satu, akibat dari tubuh masih menyesuaikan kondisi perubahan pada kehamilan dimana jaringan ikat sekitar rahim terjadi peregangan. Dan kontraksi jenis ini pada umumnya disertai dengan perut terasa kembung,dan sembelit.
  • Kontraksi palsu atau braxton hicks. Pada umumnya terjadi pada usia kehamilan 32-34 minggu, dengan interval setiap 30 menit sekali dan lamanya sekitar 30 detik.
  • Kontraksi saat berhubungan intim.
  • Kontraksi inersia. Biasanya dialami oleh ibu yang proses persalinannya lemah, tidak sesuai dengan fase. Hal ini dapat terjadi karena ibu kurang nutrisi selama hamil, adanya penyakit seperti anemia, TBC dan mioma
  • Kontraksi melahirkan. Umumnya terjadi pada usia kehamilan 39-40 minggu. Kontraksi berlangsung dengan durasi 3 kali dalam 10 menit disertai dengan adanya tanda-tanda persalinan seperti keluar lendir bercampur darah, pecahnya ketuban, serta dorongan ingin mengejan.
Terkait dengan kondisi yang Anda alami sebaiknya dicatat saja waktunya dan buatlah daftar untuk waktu-waktu kontraksi yang datang. Jika kontraksi disertai dengan tanda persalinan artinya waktu melahirkan sudah dekat. Sebaikknya langsung pegi ke fasilitas kesehatan terdekat atau ke dokter kandungan Anda. Jangan lupa untuk menjaga kebugaran tubuh dengan tetap makan yang bergizi, minum air putih minimal 2 liter/hari,serta tidak terlalu cemas akan proses melahirkan. Semoga bermanfaat.Salam sehat, dr.Sri Wulantini
melahirkankesehatan kandungankontraksi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil