Apakah normal saat batuk seluruh badan terasa nyeri?

JR Info Penanya: JR
Dok saya mau bertanya,Apakah normal kalau saat batuk seluruh badan bagian dr leher sampai pinggang terasa remuk? Setiap saya batuk terasa seperti rusuk saya seakan2 menusuk bdn
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi JR,

Keluhan nyeri pada seluruh badan saat batuk adalah kondisi yang bisa disebabkan karena kontraksi otot saat batuk terutama jika batuk berulang sehingga memicu rasa nyeri yang lebih hebat pada tubuh. Selain itu jika ada infeksi pada saluran pernapasan maka dapat memicu rasa sesak atau nyeri dada yang lebih hebat.

Untuk mengatasinya perlu menghentikan batuk baik dengan banyak mengonsumsi air putih hangat, mengonsumsi madu, air perasan lemon, ataupun juga mengonsumsi obat batuk bebas. Jika tetap tidak ada perbaikan perlu dipastikan penyebab batuknya dengan pemeriksaan pada dokter dimana nantinya akan dilakukan pemeriksaan lab darah, pemeriksaan rontgen, pemeriksaan sampel dahak.

Upayakan juga menghindari pemicu batuk seperti paparan alergen, debu, asap rokok, udara dingin, makanan atau minuman yang memicu batuk, dan juga bisa konsumsi obat pereda nyeri jika nyeri tidak tertahan seperti misalnya mengonsumsi paracetamol. Segera periksakan apabila sesak napas memberat, ada batuk berdarah, demam ataupun batuk yang tidak juga berhenti atau hilang dalam 3 minggu. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit batuk kronis merupakan salah satu penyakit yang perawatannya ditanggung BPJS Kesehatan.

Ini Caranya Klaim BPJS untuk Penyakit Batuk Kronis

Cakupan tanggungan perawatan dari BPJS Kesehatan cukup luas. Termasuk untuk penyakit batuk kronis. Oleh karena itu, jika Anda maupun keluarga mengalami batuk kronis, segera berkonsultasi dengan dokter, dengan memanfaatkan klaim BPJS Kesehatan tersebut.