Apakah normal rambut rontok dalam jumlah yg banyak ?

WA Info Penanya: WA, Wanita, 16 Tahun
Assalamu'alaikum dok,Kenapa ya rambut saya mudah sekali rontok, bahkan saat di keramasi pun cuma di pegang aja bisa rontok dan it nggak cuma sedikit.. Apa it pertanda adanya penyakit dok ??Syukron,Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang WA,

Rambut rontok adalah hal yang wajar jika yang rontok kurang dari 100 helai dalam sehari. Jika rambut rontok lebih dari 100 helai perhari maka bisa dikatakan tidak normal. Penyebabnya sendiri bisa beragam mulai dari gangguan asupan nutrisi, gangguan pada kulit kepala, pengobatan tertentu, kurang zat besi pada tubuh, menderita penyakit tertentu, penggunaan hairdryer, pewarna rambut yang mengandung bahan kimia ataupun bisa dipicu stres.

Untuk mencegah rambut rontok atau mengatasi rambut rontok perlu dilakukan beberapa upaya seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, menggunakan serum rambut, hindari menggunakan tutup kepala yang terlalu kencang seperti misalnya topi dalam waktu lama, hindari menggunakan pewarna rambut, dan juga perlu diperiksakan untuk mengetahui apa pencetusnya.

Jika diperlukan juga bisa dilakukan penanganan dengan tindakan dokter baik pemberian obat ataupun pengobatan seperti terapi laser. Gunakan juga sisir yang bergigi jarang untuk menata rambut agar mencegah kerontokan. Periksakan pada dokter spesialis kulit jika keluhan rontok semakin mengganggu. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu rambut bisa bermutasi dan kebal terhadap sampo kutu sehingga sulit diobati

Mengapa Shampo Kutu Kadang Gagal Hilangkan Kutu Rambut?

Efektivitas produk sampo antikutu lambat laun menurun dalam membasmi kutu rambut. Hal ini disebabkan kutu rambut telah kutu rambut bermutasi genetik dan kebal. Salah satu cara menghilangkan kutu rambut adalah rutin menyisir rambut dengan sisir serit.