Apakah tuba non paten dapat memengaruhi siklus haid?

V5 Info Penanya: V5, Wanita, 34 Tahun
Tgl 6 agust haid.tgl 22 agust haid dan tgl 4 sept haid lagi apakah normal dan apakah ada hubungannya dengan tuba nonpaten bilateral hydrosalping. Makasih pencerahan nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, VL.

Tuba non paten adalah sebuah kondisi ketika saluran tuba falopii tersumbat, yang bisa terjadi pada satu atau dua bagian tuba. Apabila terjadi pada keduanya (kanan dan kiri), maka disebut sebagai bilateral. Sedangkan hydrosalpinx menggambarkan kondisi penumpukan cairan pada saluran tuba tersebut. 

Kondisi di atas dapat menyebabkan tidak terhubungnya indung telur dengan rahim, yang dapat memengaruhi siklus menstruasi menjadi tidak normal. Contohnya, seperti yang Anda alami, dimana jarak antarhaid hanya berkisar antara 12-16 hari, yang sebenarnya terlalu singkat.

Selain karena tuba non paten, hal-hal lain juga dapat memengaruhi siklus haid, seperti pola hidup (makanan yang dikonsumsi, jam tidur, pola aktivitas fisik), konsumsi obat-obatan tertentu, beberapa penyakit (gangguan tiroid, obesitas, PCOS), serta penggunaan kontrasepsi hormonal.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk evaluasi hasil USG yang Anda miliki lebih lanjut. Hal ini bertujuan agar dapat diketahui secara pasti apakah siklus haid Anda yang tidak teratur hanya dipicu oleh tuba non paten, atau ada penyebab lainnya.

Akhir kata, jagalah selalu kesehatan rahim dan organ reproduksi wanita lainnya dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah, rutin berolahraga, tidak tidur larut malam, menghindari rokok, dan mengelola stres dengan baik. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rempah hingga buah, ini jenis makanan yang melancarkan haid

9 Makanan yang Melancarkan Haid Secara Alami

Makanan yang melancarkan haid antara lain pepaya, nanas, jahe, kayu manis, dan kunyit. Selain dengan makanan, lengkapi usaha Anda dengan berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan.