Apakah normal jika merasa kesepian, pesimis ataupun takut ?

NN Info Penanya: NN, Pria, 19 Tahun
Kenapa saya selalu merasa kosong, padahal saya sudah mencoba berbagai hal untuk mengisi waktu luang saya, dan juga berada di lingkungan masyarakat. Dan jika saya sendiri saya selalu merasa pesimis, dan takut. Saya bingung, dan saya tidak tahu apa ini?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NN.

Gangguan yang anda rasakan bisa dikatakan normal ataupun termasuk dalam gangguan depresi, gangguan stress akut, gangguan cemas menyeluruh. Namun dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk menegakkan diagnosis sesuai kriteria masing-masing.

Perlu diketahui setiap manusia akan mengalami hari-hari ketika merasa sedih, kesepian, pesimis seperti yang anda rasakan. Namun hal ini tidak akan berlangsung lama jika keadaanya normal. Ketika seseorang tampak sedih atau pesimis tidak bisa kita artikan sebagai gejala depresi, namun jika kesedihan, kesepian dan perasaan negatif tersebut menetap sampai mengganggu aktivitas sosial, mengakibatkan minat dan kegembiraan hilang, mudah lelah, konsentrasi dan perhatian berkurang, harga diri dan kepercayaan diri berkurang, merasa bersalah dan tidak berguna, pandangan masa depan yang suram dan pesimistik, tidur terganggu, hingga ada ide bunuh diri maka mungkin saja hal itu mengindikasikan adanya gangguan depresif.

Sementara gangguan cemas (gangguan stres akut dan gangguan cemas menyeluruh) merupakan ketegangan, rasa tak aman atau kekhawatiran yang timbul karena dirasakan akan terjadi sesuatu yg tidak menyenangkan, tetapi sumbernya sebagian besar tidak diketahui. Secara umum tanda dan gejala gangguan kecemasan yakni perasaan takut & khawatir tentang sejumlah peristiwa / hal atau aktivitas, penderita sukar mengendalikan rasa khawatir tersebut.

Sebaiknya berkonsultasi dengan psikiater (dokter spesialis kejiwaan), dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti tanya-jawab lebih detail tentang keluhan anda, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, mengisi quesioner, agar dapat dipastikan diagnosis ataupun penyebab dari keluhan anda sehingga dapat segera ditangani.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Depresi, bipolar, dan skizofrenia menjadi beberapa gangguan mental yang paling sering ditemui pada ODGJ.

Stop Sebut "Orang Gila", Ini Gangguan pada ODGJ yang Sering Ditemui

Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) adalah sebutan yang lebih pantas dan manusiawi bagi mereka. Sebelum menilai ODGJ, ada baiknya Anda ketahui beberapa gangguan mental yang sering ditemui.