Apakah Normal Jika Kurang Mengeluarkan Keringat?

Y Info Penanya: Y, Wanita, 20 Tahun
Siang dok, apakah jarang berkeringat itu adalah hal yang normal? Seperti apa olahraga yang baik itu dan apa-apa saja contoh olahraga yang baik? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Siang Ibu Y,

Proses berkeringat adalah suatu proses normal dari tubuh untuk mengeluarkan panas lewat keringat yang bertujuan  untuk mendinginkan tubuh.

Bila seseorang tidak dapat berkeringat secara menyeluruh atau dilokasi tertentu dari tubuh, disebut Hipohidrosis. Hipohidrosis merupakan suatu gejala yang menandakan adanya penyakit lain didalam tubuh. Sebaiknya perhatikan juga lingkungan sehari-hari, bila Ibu lebih banyak beraktifitas didalam ruangan ber-ac maka tubuh akan mengatur suhu melalui pengeluaran urin bukan berkeringat.

Namun untuk penegakan Diagnosa ini diperlukan pemeriksaan yang mendalam dan menyluruh. Cobalah untuk mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam (SpPD) untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Olahraga yang baik, adalah sesuai dengan kebutuhan tubuh dan dalam porsi yang wajar. Untuk orang seusia Ibu, lakukan hobi yang menunjang pertumbuhan seperti berenang, lari, bersepeda atau bermain bola. Sesuaikan dengan kebutuhan tubuh, kondisi kesehatan Ibu dan biaya. Contohnya bila Ibu ingin membentuk otot daerah dada dan bahu, mengoptimalkan tinggi badan dan mengatur pernapasan maka disarankan untuk berenang sebanyak 3 kali dalam seminggu. Waktu sekali berenang adalah 1 jam.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk Anda yang sedang ingin membesarkan massa otot, manfaat push up bisa berdampak baik untuk Anda.

5 Manfaat Push Up yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya membentuk otot-otot pada tubuh, push up ternyata bermanfaat juga untuk organ dalam, seperti jantung hingga hormon-hormon tertentu. Berikut ini adalah manfaat push up yang perlu Anda ketahui.