Apakah normal jantung terasa tidak kuat saat bermain wahana roller coaster ?

NB Info Penanya: NB, Pria, 19 Tahun
Ketika saya naik wahana kora2/rollcoaster itu rasanya tidak kuat...terasa jantung diombang ambing... Apakah itu ciri bahwa jantungku lemah? D
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NB.

Umumnya tubuh akan bereaksi terhadap ketakutan, stres, kegembiraan dan kecemasan tanpa disadari.
Reaksi tanpa sadar ini melalui sistem saraf simpatik (bagian dari sistem saraf otonom) untuk mempersiapkan tubuh menghadapi kemungkinan yang mengancam jiwa atau situasi menakutkan.

Tubuh akan bereaksi terhadap ancaman yang dirasakannya dengan cara memompa adrenalin dan sistem saraf pusat yang memiliki sejumlah respons untuk membantu seseorang mengatasi situasi stresnya. Respons yang muncul biasanya peningkatan denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan. 

Itulah yang terjadi saat seseorang menaiki wahana roller coaster. Jika keluhan menetap, walupun tidak sedang bermain roller coaster sebaiknya anda ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ventricular fibrillation berbeda dari serangan jantung pada umumnya dan menyebabkan henti jantung secara mendadak

Ventricular Fibrillation, Penyakit Jantung Mematikan yang Jarang Diketahui

Ventricular fibrillation adalah salah satu jenis gangguan jantung yang paling mematikan. Sebagai salah satu kondisi yang paling sering menyebabkan henti jantung mendadak, risiko terhadap penyakit ini harus selalu diwaspadai.