Apakah normal hamil 4 bulan tapi perut tetap kecil?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hai dokter, salam kenal. Saya baru menikah dan sedang hamil 4 bulan tapi kok perut saya kecil tidak seperti rata-rata kehamilan orang 4 bulan. Saya masih aktif beraktivitas dan belum merasakan kontraksi. Saya pernah baca artikel Sandra Dewi juga pernah mengalami hal ini. Yang saya tanyakan apakah saya normal? mohon penjelasannya dok. terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Salah satu perubahan tubuh yang dialami oleh wanita hamil adalah perut yang membesar selama kehamilan. Perut yang membesar disebabkan pertumbuhan janin didalam rahim yang semakin membesar. Perut wanita yang baru pertama kali hamil biasanya akan menonjol pada usia kehamilan 12-16 minggu. Setelah itu lingkar perut akan bertambah rata-rata 1cm perminggu. Meski demikian ukuran perut tiap ibu hamil hamil berbeda-beda.

Beberapa penyebab yang mempengaruhi bentuk dan ukuran perut ibu hamil :

  1. Postur tubuh
    Umumnya postur tubuh ibu hamilyang kurus dan tudak terlalu tinggi akan membuat perut tampak lebih besar. Sedangkan dari bentuk, perut akan cenderung melebar kesamping jika postur tubuh ibu pendek dan perut akan menonjol kedepan jika memiliki postur tubuh yang tinggi.
  2. Berat Badan
    Kenaikan berat badan yang berlebihan akan membuat perut ibu hamil terlihat lebih besar.
  3. Kekuatan otot perut
    Otot perut yang kuat dan kencang dapat menahan perkembangan rahim sehingga tidak tampak terlalu menonjol. Otot perut yang kuat juga membuat perut ibu hamil menjadi menonjol saat kehamilan sudah besar. Dan posisi perut akan tampak turun jika otot perut lebih kendur.
  4. Kehamilan pertama
    Kehamilan pertama akan membuat ukuran perut lebih kecil karena kondisi otot lebih kencang. Sebaliknya perut akan lebih membesar pada kehamilan yang kedua karena otot-otot di perut sudah merenggang dan melemah.

Biasanya wanita hamil akan kepikiran saat orang lain berkata hamil tetapi perutnya kecil. Anda sebaiknya tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Selama kehamilan anda sehat, besar kecilnya perut wanita hamil sangat bervariasi dan tidak perlu dikhawatirkan. Kontrol teratur ke dokter kandungan untuk memantau perkembangan bayi Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain peningkatan estrogen, penyebab gairah meningkat saat hamil adalah meningkatnya relaxin dan oksitosin

Gairah Seks Tinggi saat Hamil, Wajarkah?

Pernahkah Anda mengalami peningkatkan gairah seks saat hamil? Peningkatan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti level estrogen yang meningkat, sehingga membuat libido tinggi saat hamil.