Apakah normal haid selama 2 minggu lebih?

MK Info Penanya: MK
Apakah normal haid selama 2 minggu lebih? Untuk info bulan sebelumnya tidak haid sampai 1, 5 bulan. Dan selama haid ini tidak ada gejala apa2, tidak nyeri perut, padahal biasanya tiap bulan suka nyeri. Terima kasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MK,

Normalnya siklus haid seorang wanita akan berlangsung setiap 28 hari, namun siklus haid dengan rentang waktu 21-45 hari masih termasuk normal. Sedangkan untuk durasi haid umumnya 3-5 hari, namun durasi haid 2-7 hari masih dianggap wajar.

Namun pada kasus Anda dimana haid berlangsung selama 2 minggu, tentunya ini bukanlah hal yang wajar. Ada beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan haid berkepanjangan seperti yang Anda alami :
  1. Stres.
  2. Adenomiosis.
  3. Polip rahim.
  4. Fibroid rahim.
Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah haid yang berkepanjangan :
  1. Kurangi stres.
  2. Perbanyak istirahat.
  3. Gunakan pil KB.

Karena Anda haid selama 2 minggu, maka sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut berupa USG kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi lama bisa disebabkan oleh pemasangan alat KB spiral

Menstruasi Lama? Ini 10 Alasan Penyebabnya, Kanker Salah Satunya!

Menstruasi yang berlangsung lama mungkin hanya merupakan gangguan hormon. Namun, ada 10 kondisi lain yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi lama, salah satunya pemasangan alat KB spiral.