18 Aug 2021, 20:06Kandungan

Apakah normal ada ganggun haid setelah keguguran?

M0
Info Penanya: M0, Wanita, 26 Tahun
Dok sya mengalami keguguran pada awal bln 4,,setelah itu sya haid 3 minggu setelahnya,, tpi setalah itu sya bru haid lgi 4 hari yg lalu,, apakah itu normal ??
101 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo M,Siklus haid wanita umumnya mengalami perubahan setelah kondisi keguguran. Hal ini disebabkan karena adanya proses pemulihan ke fungsi organ reproduksi dan kembalinya proses ovulasi ke siklus normal. Keluhan ini sangat wajar dan memang sering terjadi setelah keguguran siklus haid bisa tidak teratur selama beberapa bulan. Siklus sudah dapat dinyatakan normal jika haid terjadi antara 21-35 hari sekali dengan lama perdarahan selama 3-7 hari.

Gangguan haid umum terjadi pasca keguguran

Gangguan haid yang terjadi pasca keguguran dapat berupa siklus memanjang atau memendek, perdarahan yang hanya sedikit atau justru berkepanjangan, adanya keluhan nyeri saat, hingga haid yang lebih dari 1x dalam satu bulan atau bahkan tidak haid selama beberapa bulan. Anda juga dapat berkonsultasi dan memeriksakan kesehatan rahim ke dokter kandungan bila gangguan terjadi selama 6bulan. Sementara itu terapkanlah rutinitas hidup sehat dengan menghindari stres, olahraga secara rutin, dan jaga berat badan stabil agar metabolisme hormon dalam tubuh yang mengatur terjadinya siklus haid segera pulih kembali.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
siklus haidkegugurangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil