Apakah mungkin kebal dexamethasone untuk menyembuhkan flu?

PK Info Penanya: PK
Dok saya ingin bertanya, saya mengalami pilek dan bersin-bersin sudah hampir satu minggu, tapi saya tidak mengalami demam, saya mencoba untuk meminum dexamenthasone yang saya punya dari ketika saya sakit sebelumnya, tapi sampai sekarang pilek dan bersin-bersin saya tidak sembuh2. Kira-kira apakah dexamethasone ini sudah tidak bisa mengobati sakit pilek saya? Lalu, bagaimana cara menghilangkan pilek dan flu ini, dok. terimakasih ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PK,

Dexamethasone adalah obat golongan kortikosteroid untuk meredakan peradangan dimana penggunanya perlu melalui pemeriksaan dan resep dokter terlebih dahulu jadi apabila mengalami keluhan serupa di kemudian hari hindari menggunakan obat yang merupakan golongan resep.

Untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat sendiri perlu dihindari oemicunya dimana pada beberapa kasus pilek dan flu bisa timbul karena reaksi alergi, infeksi virus, infeksi bakteri, peradangan pada dinding hidung atau rhinitis, infeksi rongga sinus atau sinusitis dan paparan alergen lain seperti bahan kimia atau lainnya.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat seperti banyak minum air putih, gunakan uap air hangat untuk melegakan saluran hidung, cuci saluran hidung dengan air garam, tidur dengan bantal yang lebih tinggi ataupun juga mengonsumsi obat untuk melegakan saluran pernapasan dan untuk mengatasi gejala. Jika keluhan tidak juga membaik maka perlu diperiksakan pada dokter spesialis THT untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Efektivitas vaksin influenza pada kekebalan tubuh pria masih perlu diteliti lebih lanjut

Vaksin Influenza Kurang Efektif pada Pria, Apa Betul?

Wanita cenderung merespon vaksin influenza lebih signifikan dibandingkan dengan pria. Bukan tidak mungkin temuan ini menjadi inovasi dalam mencegah infeksi flu.