Apakah monkeypox menular?

WI Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Malam dok, apakah monkeypox bisa menular seperti cacar air pada umumnya? Mohon infonya ya dok, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WI.

 

Cacar monyet atau monkeypox merupakan infeksi virus yang ditularkan dari hewan ke manusia. Jenis penyakit ini merupakan penyakit langka. Hewan yang diduga menularkan adalah jenis hewan pengerat seperti monyet, tikus dan tupai. Penyebaran virus dapat terjadi ketika seseorang melakukan kontak erat dengan hewan yang terinfeksi virus monkeypox kemudian virus ini dapat masuk melalui luka pada kulit, selaput lendir pada mata, hidung, mulut, dan saluran pernapasan. Sehingga akan terbentuk ruam kemerahan yang akan tumbuh menjadi lentingan kecil berisi cairan, setelah itu lentingan dapat pecah dan mengering serta akan hilang perlahan.

Selain dapat menular dari hewan ke manusia virus ini dapat juga menular antara manusia ke manusia. Cara penularannya adalah dengan cara kontak fisik terhadap seseorang yang sudah positif terinfeksi cacar monyet, melalui droplet atau percikan ludah ketika penderita bersin atau batuk, serta menyentuh barang-barang milik penderita. 

Pada dasarnya tidak ada cara khusus untuk mengatasi penyakit cacar monyet sebab belum ditemukan vaksinnya hingga saat ini. Namun ada upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya cacar monyet.

Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya cacar monyet adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan masker jika bepergian.
  2. Rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Jika tidak ditemukan sumber air dapat menggunakan hand sanitizer.
  3. Hindari kontak erat dengan hewan yang terduga penyebab cacar monyet.
  4. Hindari kontak erat dengan penderita, maupun barang-barang penderita cacar monyet.
  5. Bagi penderita cacar monyet wajib dilakukan isolasi diri.
  6. Makan banyak sayur dan buah sebagai sumber vitamin untuk memperbaiki daya tahan tubuh.
  7. Olahraga yang teratur.

Jika kondisi yang dialami selama dilakukan isolasi mandiri segera ke dokter kulit untuk mendapat penanganan dengan tepat.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memutihkan ketiak dengan minyak kelapa ampuh untuk dilakukan

Inilah Tips Ampuh Memutihkan Ketiak dengan Minyak Kelapa

Warna ketiak yang gelap dapat membuat Anda merasa kurang percaya diri. Atasi menggunakan cara memutihkan ketiak dengan minyak kelapa yang ampuh dan mudah.