Apakah minyak telon digunakan di seluruh tubuh bayi?

SL Info Penanya: SL
Pagi dok, saya mau tanya.. minyak telon my baby kan diklaim dapat melindungi bayi dari gigitan nyamuk. Apakah bisa digunakan pada wajah, kepala, tangan dan kaki bayi dok? apakah tidak panas? Soalnya anak saya usia baru berusia 1 bulan lebih 2 minggu. Mohon infonya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S.

Minyak telon adalah campuran dari 3 jenis minyak yakni minyak adas, minyak kayu putih dan minyak kelapa. Dengan kata lain, masing-masing manfaat dari ketiga jenis minyak tersebut, tergabung dalam satu sehingga dipercaya berkhasiat khususnya bagi bayi dan anak. Minyak telon ini umumnya digunakan orang tua untuk bayi atau anak sebagai bahan untuk memijat atau menghangatkan badan anak setelah mandi dan sebelum tidur.

Adapun berbagai khasiat dari minyak telon yang meliputi :

  • penghangat tubuh
  • membantu meredakan gatal
  • dapat membantu memngatasi masalah pencernaan
  • membantu mencegah infeksi
  • melembapkan kulit
  • sebagai minyak untuk memijat
  • membantu membuat tidur menjadi lebih nyenyak
  • memberikan efek ketenangan pada bayi
  • memiliki aroma yang menyenangkan

Mengenai pertanyaan Anda tentang area penggunaan minyak telon, pada dasarnya area terbaik pengaplikasian minyak telon adalah bagian perut, punggung, tangan, kaki dan rambut. Sedangkan bagian yang perlu dihindari adalah area wajah yang khususnya di dekat area mata dan mulut. Ada baiknya untuk tidak menggunakannya secara berlebih pada bayi yang berusia dibawah 6 bulan karena kulit anak masih cenderung sensitif dan kadar ketahan akan rasa hangatnya mungkin berbeda-beda. Serta pastikan minyak telon dalam keadaan baik sebelum Anda mengaplikasikannya pada anak Anda.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Galaktosemia adalah penyakit genetik yang membuat penderitanya tidak bisa mencerna galaktosa sejak lahir

Gejala Kelainan Galaktosemia Sejak Lahir dan Pentingnya Diagnosis Dini

Galaktosemia adalah penyakit keturunan yang membuat seseorang tidak bisa mencerna galaktosa sejak lahir. Galaktosa merupakan gula sederhana yang juga membentuk laktosa. Diagnosis dini menjadi hal yang vital untuk mencegah komplikasi serius, diiringi dengan menerapkan pola makan yang bebas galaktosa dan laktosa.