Apakah minum susu dapat menghambat khasiat obat yang diminum

HS Info Penanya: HS, Pria, 22 Tahun
Mau nanya, apakah susu dan produk sampingan nya dapat menghilang khasiat obat jika diminum bersamaan? Kalau iya berapa lama jeda waktu yang diperlukan untuk bisa minum susu setelah minum obat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Pak HS,

Obat yang dimaksudkan apa yah pak? Jadi begini pak karena setiap obat memiliki rumus kimia atau nama generik masing-masing seperti paracetamol, amoxicillin, dll, serta formulasi pembuatan dan penyimpanan tergantung pabrik farmasinya misal bentuk tablet salut gula, kapsul dengan partikel lepas lambat, serbuk granul, dll maka kembali lagi pak ke nama obatnya apa dan sediaannya apa akan menentukan bagaimana susu atau produk olahan susu akan mengubah sifat bahan kimiawinya dan daya serapnya di usus. 

Ini dinamakan efek interaksi dan umumnya tiao obat dapat berinteraksi dengan obat lain, suplemen, makanan, dan minuman. Hal ini dikarenakan:

  1. Makanan atau minuman dapat mengubah struktur kimiawi suatu obat tertentu contoh minum suplemen penambah dengan teh maka senyawa Fe atau zat besi berubah menjadi Fe3+ yang sukar diserap tubuh
  2. Makanan atau minuman mengubah kadar osmolaritas sedangkan ada obat-obat yang diserap berdasarkan beda konsentrasi antara saluran cerna dan di dalam aliran darah. Jika bersama makanan maka gradien/ faktor kecepatan perpindahan obat dari usus ke aliran darah akan menurun. Nah tipe obat seperti ini akan ditulis pada petunjuk farmakologisnya diminum dalam keadaan perut kosong. Untuk jelasnya dapat berkonsultasi kepada apoteker atau ahli farmasi.

Untuk antisipasi sebaiknya minum obat menggunakan air putih yang netral, dan jika minum susu atau kopi atau teh diberi jarak 1/2-1 jam. Hindari minum dengan alkohol karena sifat alkohol ialah disinfektan atau mensterilkan termasuk keaktifan bahan obat.

Untuk keterangan lanjutan dan petunjuk cara minum masing-masing merek obat dapat berkonsultasi langsung dengan dokter yang meresepkan atau apoteker yang meracikkan ya Pak.

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makan sebelum olahraga dan makan setelah olahraga perlu dilakukan, asal dengan mengonsumsi makanan sehat

Pentingnya Memerhatikan Aturan Asupan Makanan Sebelum dan Sesudah Olahraga

Latihan fisik dan olahraga akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan pengendalian asupan dan pola makan yang benar. Oleh karena itu, makan sebelum olahraga dan makan setelah olahraga perlu dilakukan, asal dengan mengonsumsi makanan sehat