27 Jun 2021, 10:38Kulit & Kelamin

Apakah minum rebusan daun sirih bisa menghilangkan keputihan?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dok, apapakah minum rebusan daun sirih bisa menghilangkan keputihan?
229 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi FF,Keputihan adalah lendir yang keluar dari liang vagina, dan dapat merupakan sesuatu yang normal bahkan bermanfaat. Keputihan normal biasanya berwarna bening, tidak berbau, dan tidak disertai dengan rasa gatal pada vagina. Sebaliknya, jika berwarna cokelat atau hijau dan disertai bau amis, maka kemungkinan tidak normal. Beberapa penyebab keputihan abnormal adalah:
  • infeksi bakteri (bakterial vaginosis)
  • infeksi jamur (kandidiasis vagina)
  • infeksi menular seksual, misalnya gonore atau herpes
Sedangkan daun sirih adalah salah satu jenis tanaman yang umum dijadikan obat tradisional. Dengan kandungan-kandungannya, daun sirih dapat membantu mengurangi peradangan akibat infeksi bakteri dan jamur. 

Rebusan daun sirih bisa menghilangkan keputihan, benarkah?

Mengenai pertanyaan Anda, perlu diperhatikan dulu jenis keputihan apa yang Anda maksud. Jika keputihannya normal, maka sebenarnya tidak perlu dihilangkan. Justru, keputihan normal itu bermanfaat bagi kesehatan vagina, seperti mencegah benda asing masuk dan menjaga kelembabannya. Sedangkan jika keputihannya abnormal dan disebabkan oleh bakteri atau jamur, maka daun sirih bisa membantu menyembuhkan. Anda dapat mencoba merebus beberapa lembar daun sirih dengan setengah liter air, hingga warna airnya berubah. Anda bisa menggunakannya untuk membasuh vagina 1-2 kali seminggu. Jangan terlalu sering karena bisa mengubah keseimbangan bakteri baik vagina, ya. Perhatikan juga respon dari daun sirih tersebut. Jika ada rasa panas atau gatal, dikhawatirkan terjadi iritasi dan sebaiknya dihentikan. Lalu, jika dengan daun sirih keluhan keputihan Anda tidak membaik, periksakan langsung ke dokter spesialis kulit kelamin ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kesehatan organ intimkeputihanorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil