Apakah Mimisan Berkaitan Dengan Asma?

JP Info Penanya: JP, Pria, 2019 Tahun
Assalamualaikum....malam dok...mau nanya,kemarin Jum'at pagi,tiba2 mimisan ,terus saya periksa dapat conex dan vit.terus pagi tadi mimisan lagi dan malam ini mimisan lagi,penyebabnya apa ya dok? Saya punya riwayat sakit asma,dan make semprotan hidung.terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, JP

Mimisan sering terjadi karena banyaknya pembuluh darah di dalam hidung. Penyebabnya kerena keringnya membran hidung dan sering dikorek hidungnya. Cara pencegahannya dengan memberikan pelumas pada saluran hidung.

Hidung adalah bagian tubuh yang penuh pembuluh darah dengan posisi menonjol di wajah. Sehingga bila ada benturan di wajah seringkali menyebabkan cedera hidung dan mimisan. Mimisan juga bisa terjadi secara spontan ketika lapisan membran hidung kering dan pecah-pecah. Biasanya pada iklim yang kering atau terpapar udara kering. MImisan juga sering terjadi pada mereka yang menggunakan obat pengencer darah untuk kondisi klinis lain.

Anda sebaiknya diperiksa langsung oleh Dokter bila perdarahannya tidak berhenti, jumlah darah yang keluar cukup banyak atau merasa lemas dan ingin pingsan. Biasanya dipasang suatu tampon di dalam hidung untuk menghentikan perdarahannya.

Faktor Resiko

- infeksi

- trauma / cedera

- radang hidung (rhinitis) alergi dan non alergi

- hipertensi

- pecandu alkohol

- hormonal pada saat kehamilan

- tumor atau kelainan darah

 

 

Pertolongan Pertama Saat Mimisan

Duduk condong ke depan. Lebih baik duduk dibandingkan berbaring. Karena posisi hidung lebih tinggi dari jantung sehingga laju perdarahan akan berkurang. Posisi miring ke depan agar darah keluar dari hidung dan tidak masuk ke kerongkongan.

Pencet kedua bagian lunak hidung menjadi satu selama 5-10 menit sampai perdarahan berhenti

- Hindari membuang ingus, bila mau bersin buka mulut supaya udara keluar dari mulut bukan hidung- Hindari mengedan untuk mengangkat barang atau saat buang air besar- Jangan minum air hangat
Semoga saran saya bermanfaat. Salam Sehat, dr. Andre Zaini