Apakah menyilet tangan termasuk gangguan depresi?

AH Info Penanya: AH, Wanita, 19 Tahun
dok, saya sering mengalami kesedihan beberapa kali dan terkadang kesedihan itu pergi kadang juga muncul tiba-tiba, setiap saya melakukan kesalan satu kali saya merasa menjadi manusia yang tidak berguna. sering kali saya tiba-tiba menangis tapi tidak tau alasannya, terkadang juga saya menyilat tangan saya sendiri untuk menghilangkan rasa stress,takut atau sedih saya. dok apa ini gejala depresi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, AH.

Kesedihan merupakan hal yang wajar dialami setiap orang. Kesedihan dapat disebabkan oleh masalah yang datang baik dari internal maupun eksternal. Namun kesedihan yang berlarut dapat berefek terhadap mental seseorang sehingga akan menimbulkan gejala-gejala lain. Kesedihan yang berkepanjangan dapat mengakibatkan seseorang mengalami:

  1. Stres
  2. Gangguan Kecemasan
  3. Depresi

Ketiga gangguan mental di atas mempunyai gejala yang hampir sama, pada umumnya gejal atersebut ialah:

  • mudah murung
  • mudah marah
  • kurang rasa percaya diri
  • berkurangnya nafsu makan
  • berkurangnya konsentrasi
  • tidak ada minat dalam melakukan aktivitas
  • sakit kepala
  • gangguan tidur
  • Jantung berdebar
  • asam lambung naik

Namun, depresi merupakan gangguan mental yang lebih parah. Depresi biasanya timbul jika seseorang dilanda stres atau kesedihan terus menerus lebih dari dua minggu. Penderita depresi biasanya suka menyendiri dan tidak ada minat melakukan aktivitas sehari-hari. Karena kesedihan yang ia rasakan terkadang penderita depresi mempunyai pikiran untuk menyakiti dirinya sendiri bahkan keinginan untuk bunuh diri. Jika sudah ada keinginan untuk menyakiti diri sendiri, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kejiawaan (SPKJ) untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan stres dan kesedihan pada diri Anda, yaitu:

  1. Bercerita dengan keluarga atau teman Anda
  2. Pahami kesedihan Anda
  3. Menangis dapat membuat Anda merasa lega
  4. Meditasi atau yoga dapat merelaksasi diri Anda
  5. Makan makanan bergizi
  6. Mendekatkan diri kepada Tuhan
  7. Lakukan hal yang Anda senangi.

Gangguan stres dan depresi dapat hilang jika terdapat kemauan dari diri penderita untuk berubah dan berobat. Gangguan depresi selain membahayakan diri sendiri, juga dapat membahayakan orang sekitar. Dukungan penuh dari orang sekitar juga sangat diperlukan.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mendeteksi gejala awal bipolar menjadi salah satu langkah awal untuk mencegah bahaya bipolar.

Waspada Bahaya Bipolar yang Terlambat Ditangani

Bipolar adalah salah satu gangguan mental yang menyebabkan perubahan suasana perasaan secara ekstrem yang terdiri atas hipomania dan depresi. Gangguan bipolar jarang terdeteksi karena penderitanya sering kali tidak memahami gejala awalnya. Jika terlambat diobati, gangguan bipolar akan semakin memburuk dan menimbulkan bahaya bagi penderitanya.