Apakah menstruasi tidak teratur menyebabkan tidak bisa hamil ?

SH Info Penanya: SH, Wanita, 25 Tahun
Dok saya menatruasi tidak tentu kadang dua bulan sekali kadang 45 hari sekali bgtu saja dr awal menstruasi apa ada kmungkinan saya tidak akan bsa hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SH,

Pada tubuh wanita terdapat hormon estrogen dan progesteron yang mempengaruhi siklus menstruasi dan kehamilan. Kehamilan terjadi disebabkan sel telur dibuahi oleh sperma, jika tidak ada pembuahan maka sel telur keluar bersama darah menstruasi. Siklus mens yang tidak lancar bisa dipengaruhi oleh tingkat stress yang tinggi, kecapekan yang mempengaruhi hormon, pemakaian kontrasepsi, adanya kista di kandung telur (PCOS).

Beberapa jenis menstruasi diantaranya

  1. Menorrhagia yakni keluar darah mens yang terlalu banyak dan berlebihan jumlahnya
  2. Oligomenorea yakni kondisi jika seseorang jarang mengalami menstruasi
  3. Dismenorea yakni adanya nyeri saat menstruasi
  4. Amenorea yakni kondisi saat seseorang tidak mengalami haid hinga 16 tahun dan seseorang yang tidak hamil serta tidak mens selama 3 bulan atau lebih.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa seseorang jika mengalami gangguan mens bukan berarti wanita itu tidak bisa hamil. Segera konsultasikan ke dokter spesialis kandungan jika ada pertanyaan lebih lanjut. bersama ini saya sertakan artikel Pahami siklus mens yang normal dan yang tidak teratur untuk menambah wawasan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi lama bisa disebabkan oleh pemasangan alat KB spiral

Menstruasi Lama? Ini 10 Alasan Penyebabnya, Kanker Salah Satunya!

Menstruasi yang berlangsung lama mungkin hanya merupakan gangguan hormon. Namun, ada 10 kondisi lain yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi lama, salah satunya pemasangan alat KB spiral.