Apakah menstruasi dalam jumlah normal?

A Info Penanya: A, Wanita, 25 Tahun
Saya ingin bertanya.. Tanggal 24 april saya melahirkan Dibulan juli saya menstruasi dalam jumlah normal..Dibulan agustus saya menstruasi dalam jumlah sedikit sekali.. Hari pertama darahnya sedikitHari kedua hanya sedikit sekaliHari ketiga saat mandi ada darah dan selalu selaput yang keluarHari keempat juga hanya segaris darah saja.. Apakah itu normal dokter..?? Atau saya harus konsultasi..?? Saat ini saya sedang menyusui eksklusif untuk si bayi.. Umur bayi sekarang 5bulan..Mohon bantu jawab ya dokter.. Terima kasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Kondisi menstruasi yang dialami sendiri masih tergolong normal dimana durasi menstruasi sendiri normalnya antara 3-7 hari. Jika lebih cepat dari 3 hari atau lebih lama dari 7 hari maka perlu diwaspadai. Pasca melahirkan sendiri dapat terjadi adaptasi tubuh karena pengaruh hormonal. Selain itu penggunaan kontrsepsi juga bisa menjadi penyebabnya.

Tidak jarang juga selama masa menyusui ibu masih kelelahan karena perubahan pola istirahat terlebih jika banyak begadang dan kurang istirahat, stres dan perubahan berat badan juga bisa jadi pemicu kondisi yang timbul. Untuk itu jika haid berubah siklusnya menjadi lebih dari 45 hari, durasi menstruasi yang tidak normal ataupun darah menstruasi yang lebih banyak maka perlu pemeriksaan. Upayakan cukupi kebutuhan istirahat dengan mengikuti pola bayi Anda dan juga menjaga asupan nutrisi. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan

Sakit Perut Saat Haid Mengganggu? Kenali Berbagai Penyebabnya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Kenali penyebab nyeri haid Anda dan atasi dengan cara menghilangkan sakit perut saat haid berikut ini.