Apakah mengubah jenis KB dari pil ke suntik ada dampaknya?

Info Penanya: , Wanita, 2019 Tahun
Dok sayah ingin bertanya.. Khn sayah baru yoba lagih KB suntik.. Dah lama sebelumnya sayah pake KB pel.. Sayah mau tanya ??sayah hed sudah hampir mau 2minggu yg sayah anehnya dok.. Hed nya keluar pertama nya bayak terus sekrng gak keluar dan.. Terus yg sayah anehnya lagih tiap sayah mau hubungan intim dgan suami sellu ada darahnya dok gmn tuh apakah epek dari KB suntik apah gmn dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, BB

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan di forum SehatQ

KB pil dan suntik termasuk kedalam kontrasepsi metode hormonal. Sebetulnya kandungannya juga mirip, dibedakan dari cara suntiknya.

Penggunaan KB hormonal, dalam bentuk pil atau suntik mengandung hormon progesteron. Yang bertujuan untuk mencegah kehamilan. Bedanya pada suntik dosisnya lebih tinggi dikarenakan efeknya dapat bertahan sampai dengan 1 bulan.Dikarenakan dosisnya yang lebih tinggi maka efek samping yang bisa timbul lebih terasa.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Suntik

1. Hanya perlu disuntik tiap bulan / bisa juga per 3 bulan bila menggunakan depo

2. Sedikit lebih efektif dibandingkan pil

3. Efek samping lebih terasa dibandingkan pil

4. Perlu waktu agar dapat hamil setelah berhenti menggunakannya

Semoga penjelasan saya bermanfaat

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seks tanpa penetrasi tetap memungkinkan seorang wanita untuk hamil

Mengungkap 10 Mitos dan Fakta Mengenai Seks dan Kehamilan

Mitos dan fakta mengenai seks dan kehamilan mungkin masih jadi misteri bagi banyak orang. Tidak semua anggapan yang kerap Anda dengar itu benar. Anda mesti tahu mana yang termasuk mitos dan mana yang benar-benar fakta, supaya bisa terhindar dari kehamilan yang tidak direncanakan.