Apakah mengonsumsi vitamin C setiap hari diperbolehkan?

JF Info Penanya: JF, Pria, 17 Tahun
Siang dok...apakah mengonsumsi Vitamin C setelah berolahraga untuk menghindari rasa nyeri, setiap hari dengan dosis 50mg apakah akan mengakibatkan efek samping /penyakit kronis ?Apakah saya perlu menurunkan dosisnya menjadi 25mg ?Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, JF.

Vitamin C adalah salah satu zat gizi yang memiliki sangat banyak manfaat, seperti menjaga kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit kronis, dan menangkal efek radikal bebas. Sayangnya, vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga manusia harus mengonsumsi vitamin C dari sumber-sumber lainnya.

Bagi rata-rata orang dewasa sehat, kebutuhan vitamin C per hari adalah 75-90 mg. Dalam kondisi normal, vitamin C bisa didapatkan dari makanan yang Anda konsumsi. Misalnya, satu buah kiwi mengandung 64 mg vitamin C, dan satu mangkuk pepaya (100 gram) mengandung 60 mg vitamin C. 

Sebenarnya, suplementasi vitamin C sebaiknya digunakan apabila Anda dalam keadaan defisiensi (kekurangan) vitamin tersebut dan tidak bisa terpenuhi dari makanan. Atau, apabila tubuh Anda membutuhkan lebih banyak asupan vitamin C, seperti misalnya saat sedang hamil, menyusui, ataupun saat masa penyembuhan penyakit. 

Nah, terkait kondisi yang Anda sampaikan, terlalu banyak mengonsumsi vitamin C dapat menyebabkan efek samping pada kesehatan. Misalnya, gangguan pencernaan (mual, muntah, diare), atau insomnia.

Apabila tujuan Anda mengonsumsi vitamin C adalah untuk mengurangi nyeri pascaolahraga, lebih baik Anda melakukan hal-hal berikut:

  • Lakukan pemanasan sebelum olahraga
  • Jangan lakukan olahraga terlalu berat atau lama, terutama apabila Anda tidak terbiasa berolahraga
  • Konsumsi cukup protein, misalnya dari telur atau daging ayam
  • Hindari minuman berkafein 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Superfood dapat dikombinasikan dalam menu harian untuk gaya hidup yang lebih sehat dan meningkatkan kualitas hidup

Ini Makanan Sehat alias Superfood, dengan Manfaat yang Memang Super

Penyakit memang tidak mudah untuk dihindari. Walau begitu, penurun risiko berbagai gangguan medis, sudah tersedia di alam, dan dapat dengan mudah untuk ditemukan dan dikonsumsi. Kombinasikan beberapa makanan sehat atau superfood berikut ini, untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.