09 Feb 2021, 14:32Saraf

Apakah penggunaan obat kejang yang diganti akan menimbulkan kejang kembali ?

NE
Info Penanya: NE0
Selamat siang dok saya ingin bertanya terkait penggantian pemakaian obat kejang. Jadi apabila saya selama ini memakai obat Divalproex merek X lalu saya ganti ke versi generiknya, apakah hal tersebut aman? Karena kata teman saya akan ada risiko kejangnya kambuh kembali. Jadi bagaimana ya dok? Apakah aman mengganti obat kejang saya dari branded ke generik?
574 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, N.Setiap orang berisiko untuk mengalami kejang, baik usia muda, remaja, dewasa, maupun lansia. Penyebab terjadinya kejang karena beberapa faktor antara lain kejang demam, kejang akibat kekurangan elektrolit, kejang epilepsi, kejang akibat infeksi, maupun kejang pada ibu hamil dengan tekanan darah tinggi. Penyebab kejang harus segera diatasi sebaik mungkin sehingga tidak membahayakan penderitanya.

Apakah penggunaan obat kejang yang diganti akan menimbulkan kejang kembali ?

Obat kejang berupa divalproex sodium adalah obat yang digunakan bagi pasien epilepsi. Namun obat divalproex sodium ini juga digunakan sebagai obat migrain dan obat untuk mengatasi episode maniak dari pasien dengan gangguan bipolar. Sediaan obat divalproex sodium berupa tablet atau kaplet minum. Obat ini mengandung asam valproat.Mengganti obat divalproex sodium paten ke obat divalproex sodium generik tidak masalah, dan tidak mencetuskan kejang, asal Anda mengganti dengan kandungan dan minum sesuai dosis obat sebelumnya. Obat paten dan obat generik hanya dibedakan oleh merek perusahaan yang memproduksi obat tersebut. Namun Anda tidak boleh melewatkan jadwal minum obat yang ada, pastikan obat pengganti tersedia sebelum obat divalproex sodium paten habis.Anda tetap harus menjaga kondisi tubuh dan imunitas, kontrol kesehatan secara teratur di dokter spesialis saraf. Beri tahu orang sekitar Anda jika Anda mempunyai riwayat kejang. Jika Anda mengalami kejang, segera ke fasilitas kesehatan terdekat.Semoga bermanfaat.Semoga lekas sembuh.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
kejangmasalah sarafepilepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil