Apakah Membunyikan Sendi-Sendi Pada Jari, Leher, dan Badan Memberikan Efek yang Berbahaya?

A Info Penanya: A, Wanita, 22 Tahun
Halo dokter, saya saat ini berusia 16 tahun dan merupakan orang yang mudah kelelahan. Ketika saya merasa lelah, pegal, dan capek, saya sering menjentik-jentikkan jari-jari saya, serta membekokkan leher dan badan saya. Apakah kegiatan tersebut berbahaya bagi saya? Saya juga ingin bertanya mengenai kelelahan dan kepegalan yang saya rasakan, mengapa ya saya mudah merasa capek dan pegal? Apakah ada penanganannya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu A,

Kegiatan membunyikan sendi jari tangan, leher dan pinggang, bukan merupakan kegiatan yang direkomendasikan bahkan dianggap membahayakan tulang, sendi dan syaraf. Bisa saja terjadi pergerakan menyentak yang tiba-tiba menyebabkan terjepitnya syaraf, rusaknya sendi dan tulang rawan, patah tulang bahkan dalam jangka panjang memperbesar resiko radang pada sendi. Bila merasa capek dan pegal maka sebagai alternatif menggantikan kegiatan membunyikan sendi, Ibu dapat mandi air panas dari pancuran, kompres sendi dengan air hangat, beredam dalam air panas dan melakukan relaksasi otot.

Untuk mencegah kelelahan, cobalah untuk melatih kekuatan otot dengan berolah raga teratur seperti berenang, bersepeda dan jalan santai. Dapatkan asupan multivitamin tambahan dan makan makanan bergizi juga akan sangat membantu. Jangan lupa untuk tidur 7 jam setiap hari, dan minum air putih minimal 2 liter setiap hari.

Dalam usia yang masih sangat muda, lakukan aktivitas yang positif dan hiduplah sesuai pola hidup sehat.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menempuh perjalanan jauh dengan melintasi zona waktu berbeda menyebabkan seseorang mengalami jet lag dan kelelahan

Jet Lag Terus Menerus? Ini Cara Mengatasi Kelelahan Anda

Jet lag biasanya terjadi usai terbang jarak jauh melintasi zona waktu berbeda. Dengarkan tubuh Anda untuk tahu cara mengatasi kelelahan akibat jet lag.