Apakah membersihkan vagina setelah petting bisa menyebabkan hamil?

M Info Penanya: M
Halo dok, mungkin agak sedikit kotor pertanyaannya. Saya dan pacar saya melakukan hubungan petting, kemudian saat petting saya memegag penis dia dan mengeluarkan cairan. Setelah petting tangan saya sudah kering kemudian tangan saya bekas cairan tersebut saya gunakan untuk mencuci vagina saya, apakah itu dapat menyebabkan hamil? Setelah sehari melakukan itu perut saya terasa kram mual dan pusing serta sakit pinggang dan nyeri payudara juga apakah itu tanda2 kehamilan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi M,

Petting atau aktivitas perangsangan seksual tanpa penetrasi yang dilakukan salah satunya dilakukan dengan saling menggesekan alat kelamin untuk memberikan sentuhan seksual dapat memiliki kemungkinan hamil jika ada ejakulasi di area sekitar vagina yang memungkinkan sel sperma tidak sengaja terbawa masuk dan membuahi sel telur. Kemungkinan kondisi ini memang kecil tetapi bukan tidak mungkin terjadi.

Jika setelahnya terjadi keluhan pusing, sakit pinggang ataupun keluhan lain tidak selalu terjadi karena kehamilan tetapi bisa juga disebabkan faktor lain seperti gangguan pencernaan, stres, gejala premenstruasi atau PMS, ataupun faktor lainnya. Tapi bisa diperhatikan jika dalam siklus bulan ini tidak terjadi haid maka bisa melakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan testpack.

Jika memang belum menginginkan kehamilan, ada baiknya menghindari kegiatan yang dapat berisiko menimbulkan kehamilan. Atau bisa menggunakan pengaman seperti kondom agar mencegah kehamilan terjadi dimana hamil diluar nikah sendiri bisa menimbulkan sejumlah permasalahan baik secara sosial ataupun kesehatan terutama jika usia masih terlalu dini untuk hamil ataupun juga bisa berisiko terkena infeksi menular seksual. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Servisitis adalah peradangan pada leher rahim (serviks)

Perlu Tahu, Ini Dampak Servisitis Kronis pada Fertilitas dan Kehamilan

Servisitis adalah peradangan pada leher rahim atau serviks. Peradangan ini dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual dan berisiko terjadinya keguguran atau kelahiran prematur.