Apakah membaca ekspresi wajah dapat dilakukan sendiri?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Hi dok, akhir-akhir ini anak saya sering sekali bohong. Mungkin karena baru puber jadi mau main terus. Bagaimana sih cara membaca ekspresi wajah yang bisa saya coba di rumah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Membaca ekspresi wajah adalah salah satu teknik psikologis yang dipakai untuk mengamati apa yang sedang dipikirkan oleh orang tersebut.

Dalam membaca ekspresi wajah tentu perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Sorot mata dan  ke mana arah tatapan mata. Ketika seseorang berbohong maka tatapan mata cenderung tidak stabil dan akan melihat ke kanan dan ke kiri, dan berusaha menghindari menatap tatapan lawan bicaranya secara langsung.
  • Ekspresi senyumannya.

Selain dari ekspresi wajah, maka Anda juga perlu memperhatikan gerak gerik tubuhnya. Pada orang-orang yang sedang berbohong atau sedang menyembunyikan sesuatu maka akan tampak gelisah, misal jari-jari tidak bisa diam, berpindah2 posisi, atau menggaruk-garuk kepala, hingga mengusap hidup berulang kali.

Ketika anak Anda dalam usia pubertas, maka tentunya dibutuhkan pendampingan lebih baik, namun hindari kesan seperti menghalangi kemauan anak atau memata-matai semua gerak gerik anak Anda. Posisikan diri Anda sebagai teman dan orang tua yang bisa memberikan nasihat namun hindari kesan memaksa.

Lakukan konseling dengan psikolog bila Anda sering mendapati anak Anda berbohong.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi mental anak dapat terganggu apabila menjadi korban bullying

Anak Menjadi Korban Bullying di Sekolah, Apa yang Harus Dilakukan untuk Mengatasinya?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak yang menjadi korban bullying, salah satunya dengan menyampaikan bahwa menjadi korban bullying bukanlah kesalahan anak.