28 Dec 2020, 16:40Kandungan

Apakah memasukkan jari yang terkena sperma bisa hamil?

L
Info Penanya: L0
Dok, tangan saya habis terkena cairan sperma, lalu saya memasukkan jari yang telah dibilas dengan air bersih dan handsanitizer ke dalam vagina. Apakah ini bisa menyebabkan hamil?
4236 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore L,Sperma adalah sel yang berperan untuk terjadinya pembuahan agar bisa terjadi kehamilan. Untuk menunjang keberhasilan pembuahan diperlukan berhubungan seksual di masa subur karena di saat masa subur ini dilepaskan sel telur.Bila Anda melakukan petting kemudian memegang sperma pasangan Anda dan selanjutnya membilasnya dengan air dan hand sanitizer maka tentu saja sperma tersebut sudah mati dan tidak bisa membuahi sel telur. Sehingga bila tangan Anda yang bekas memegang sperma masuk ke dalam vagina, maka tidak akan terjadi kehamilan. Lain halnya bila tangan Anda yang bekas sperma langsung masuk ke dalam vagina maka masih mungkin terjadi kehamilan, terlebih bila Anda sedang masa subur.

Cara mencegah kehamilan yang benar:

  • Gunakan kondom atau KB.
  • Hindari berhubungan seksual di masa subur.
  • Lakukan ejakulasi di luar vagina. Namun perlu diingat bahwa cairan pra ejakulasi juga sudah mengandung sperma, sehingga tetap sebaiknya pakai kondom bila penis penetrasi masuk ke dalam vagina.
Lakukan konseling dengan dokter kandungan bila Anda berencana menggunakan KB. Karena tersedia banyak pilihan KB seperti KB suntik 1 bulan sekali atau yang 3 bulan sekali, pil KB, implan, atau IUD.Salam sehat,dr. Vina
hubungan seksualhamilpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil