Apakah memasang pelor di penis berbahaya?

DB Info Penanya: DB, Pria, 33 Tahun
Apakah kalo memasang pelor di penis berbahaya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DB,

Pemasangan pelor, biji mutiara tasbih, kelereng atau menggunakan benda lain seperti manik-manik pada penis terkadang dilakukan untuk memberikan kepuasan tersendiri saat melakukan hubungan seksual ataupun saat berejakulasi. Tidak jarang juga untuk tujuan lain seperti menyenangkan pasangan dan lainnya. 

Penggunaan benda-benda asing ini tentunya berbahaya karena bisa menimbulkan sejumlah gangguan mulai dari penyumbatan saluran penis, menimbulkan penyempitan dan jairngan parut atau disebut striktur pada uretra, benda tersebut bisa terdorong masuk ke saluran ureter, menimbulkan iritasi, menimbulkan robekan baik pada penis ataupun kelamin wanita dan bahaya lain.

Risiko ini bisa menimbulkan kerusakan pada organ penis dimana perlu tindakan operatif untuk memperbaikinya meskipun begitu dapat juga berpotensi menimbulkan kerusakan yang menetap atau permanen. Untuk itu ada baiknya menghindari penggunaan benda-benda asing terlebih dengan prosedur atau manfaat yang tidak sebanding dengan risikonya. Jika mengalami masalah seksual ada baiknya memeriksaan diri pada dokter atau dokter spesialis andrologi untuk mendapatkan solusi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Molekul antioksidan bisa dijumpai pada sayuran hijau yang mengandung lutein dan vitamin C.

Apa itu Antioksidan dan Apa Fungsinya untuk Tubuh?

Antioksidan adalah sifat dari senyawa yang dapat melawan radikal bebas. Molekul antioksidan bisa dijumpai pada buah, sayuran, dan tumbuhan lainnya.