Apakah melakukan masturbasi dapat mengakibatkan infeksi atau gangguan lainnya?

G Info Penanya: G, Wanita, 24 Tahun
Dokter saya ingin bertnya, apakah jika melakùkan masturbasi pada diri sindiri, tidak sering malakukannya namun hanya pada saat2 tertentu, apakah menyebabkan infeksi atau gangguang lainnya ?Saya pernah merasakan sakit pinggang, atau sedikit nyeri, namun hnya sebntar setelah melakukannya..Apakah boleh dilakukan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, G

Terima kasih atas pertanyaannya.

Jadi saat anda melakukan masturbasi dengan menggunakan alat atau tidak, semua tergantung kepada higienitasnya. Bila memang melakukannya sebaiknya dalam kondisi bersih. Karena suatu benda asing yang tidak dalam kondisi bersih dapat mengakibatkan infeksi atau radang. Bukan saja saat masturbasi namun saat berhubungan juga sebaiknya pasangan anda harus dalam kondisi bersih dan sehat.

Yang paling sering bisa terinfeksi selain vaginanya sendiri namun juga saluran kencing anda. Gangguan pada saluran kencing bisa mengakibatkan keluhan nyeri pinggang sampai ke punggung, nyeri saat buang air kecil atau kencing berwarna. Kemudian bila infeksi terjadi pada vagina bisa mengakibatkan keluhan gatal, keputihan dan nyeri saat berhubungan. 

Apakah masturbasi boleh dilakukan? Saya pribadi menganjurkan lebih baik tidak karena bisa beresiko infeksi namun itu semua tergantung dari pribadi masing-masing. Apakah masturbasi normal? Menurut saya normal-normal saja bila ada keinginan untuk masturbasi. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Setelah bangun dari tidurnya, penderita sexsomnia akan lupa terkait kegiatan seks yang ia lakukan semasa tidurnya.

Sexsomnia, Gangguan Tidur dalam Bentuk Hubungan Seks Saat Tidur

Anda mungkin masih tidak familiar dengan kondisi medis sexsomnia. Gangguan tidur ini membuat penderitanya berhubungan seks, dalam berbagai macam bentuk, di fase tidur yang paling dalam.