Apakah melakukan hubungan intim setelah mentruasi dapat hamil?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Selamat malam dok, Saya mau bertanya dok. Saya berhubungan intim dengan pasangan saya tapi tidak di masukan cuman di gesek gesek saja ke ms.v ketika pasangan saya baru siap mentruasi kurang lebih 3 hari. Setelah saya melakukan hubungan intim yang tidak di masukan ke ms.v pasangan saya pasangan saya kemudian mentruasi kembali dok kurang lebih 3 Sampai 4 hari, apakah pasangan saya dapat hamil dok mohon bantuannya dok soalnya saya belum siap???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Menstruasi adalah proses perdarahan yang rutin terjadi pada wanita dan berlangsung setiap 21-35 hari sekali, dengan durasi normal berkisar 2-7 hari. Keluarnya darah ini merupakan proses akibat luruhnya bantalan pada rahim yang sebelumnya dipersiapkan untuk proses penempelan janin. Sehingga dengan luruhnya bantalan ini maka bisa diartinya tidak ada janin yang menempel, sehingga tidak mungkin terjadi kehamilan bila berhubungan seksual kemudian haid.

Kecuali darah yang keluar bukanlah darah haid, namun darah akibat kehamilan yang abnormal seperti hamil anggur, hamil di luar kandungan, atau ancaman keguguran. Namun selama darah haid yang keluar seperti haid-haid sebelumnya, tidak disertai dengan kram perut yang berlebihan, maka seharusnya yang dialami pasangan Anda adalah darah haid biasa.

Ejakulasi di luar adalah salah satu metode kontrasepsi alami untuk mencegah kehamilan, namun cairan praejakulasi sudah mengandung sperma meski jumlahnya sedikit, sehingga bisa mengakibatkan kehamilan misalkan Anda melakukan penetrasi ke dalam vagina.

Bila Anda dan pasangan belum siap memiliki anak, sebaiknya gunakan kondom, atau KB untuk mencegah terjadinya kehamilan. Sehingga tidak menimbulkan kecemasan takut hamil.

Ada banyak pilihan KB yang bisa digunakan seperi pil, suntik, implan, atau IUD. Pasangan Anda bisa konsultasi dengan dokter kandungan perihal KB mana yang cocok untuk pasangan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meningkatkan kesuburan atau fertilitas dapat dilakukan dengan menjaga berat badan tetap ideal

3 Cara Meningkatkan Kesuburan agar Cepat Hamil

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa di antaranya meliputi: menjaga temperatur testis, menjaga berat badan tetap ideal, dan memilih obat-obatan yang aman untuk kehamilan.