Apakah melahirkan bisa menggunakan KIS?

NS Info Penanya: NS
Dok saya sedang hamil ...saya ada kis dari pemerintah apakah saya bisa gunakan buat lahiran saya di rumah sakit ..sebab saya usg anak saya sungsang... kemungkinan bisa cs atau normal....Sedangkan saya belum ada KK sama suami jdi masih ikut ortu...dan KTP saya juga masih status belum nikah.. apakah bisa di gunakan kis saya dok..mohon infonya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, N.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Cara mengatasi bayi sungsang dapat dengan cara alami, yaitu:
  • External version (EV): dengan cara melakukan penekanan pada permukaan perut untuk memutar posisi bayi. Biasanya dilakukan pada usia kehamilan 36-38 minggu.
  • Minyak esensial: minyak esensial seperti peppermint dapat merangsang bayi berubah posisi.
  • Breech tilt: berbaring dengan pinggul sedikit terangkat, letakkan bantal di bawah pinggul dan lutut ditekuk. Lakukan 2x sehari selama 10-15 menit.
  • Melakukan gerakan lutut dada: posisi sujud dengan kepala dan bahu berada di bawah sementara bokong dan panggul di atas. Lakukan selama 15-20 menit.

Tetapi untuk melakukan gerakan itu semua, Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar dalam melakukannya masih dalam pantauan dokter.

Untuk saat Anda lahiran nanti, Anda dapat memakai KIS yang Anda punya. Tetapi, alangkah baiknya jika Anda melaporkan dulu ke bidan atau faskes (fasilitas kesehatan) Anda bahwa Anda sudah menikah dan hendak melahirkan dengan menggunakan KIS. Lalu, Anda juga harus mendapatkan rujukan terlebih dahulu dari bidan atau faskes tingkat pertama untuk ke RS. Karena yang menentukan apakah Anda dapat lahiran di RS atau tidak adalah dari bidan atau dokter di faskes tempat Anda berobat. Setelah melahirkan, saya sarankan Anda untuk mengurus KIS keluarga Anda terutama bayi Anda nanti agar saat terjadi sakit, lebih mudah untuk berobatnya.  

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biaya operasi Caesar dengan indikasi medis dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Biaya Operasi Caesar Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan, Ini Syaratnya

Seperti halnya operasi besar lain, ada beberapa risiko pada persalinan melalui prosedur Caesar. Selain risiko tersebut, mungkin yang juga Anda pertimbangkan adalah biaya operasi Caesar. Namun tenang saja, BPJS Kesehatan menanggung biaya persalinan melalui prosedur Caesar.