Apakah melahirkan bisa menggunakan KIS?

NS Info Penanya: NS, Wanita
Dok saya sedang hamil ...saya ada kis dari pemerintah apakah saya bisa gunakan buat lahiran saya di rumah sakit ..sebab saya usg anak saya sungsang... kemungkinan bisa cs atau normal....Sedangkan saya belum ada KK sama suami jdi masih ikut ortu...dan KTP saya juga masih status belum nikah.. apakah bisa di gunakan kis saya dok..mohon infonya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, N.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Cara mengatasi bayi sungsang dapat dengan cara alami, yaitu:

  • External version (EV): dengan cara melakukan penekanan pada permukaan perut untuk memutar posisi bayi. Biasanya dilakukan pada usia kehamilan 36-38 minggu.
  • Minyak esensial: minyak esensial seperti peppermint dapat merangsang bayi berubah posisi.
  • Breech tilt: berbaring dengan pinggul sedikit terangkat, letakkan bantal di bawah pinggul dan lutut ditekuk. Lakukan 2x sehari selama 10-15 menit.
  • Melakukan gerakan lutut dada: posisi sujud dengan kepala dan bahu berada di bawah sementara bokong dan panggul di atas. Lakukan selama 15-20 menit.

Tetapi untuk melakukan gerakan itu semua, Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar dalam melakukannya masih dalam pantauan dokter.

Untuk saat Anda lahiran nanti, Anda dapat memakai KIS yang Anda punya. Tetapi, alangkah baiknya jika Anda melaporkan dulu ke bidan atau faskes (fasilitas kesehatan) Anda bahwa Anda sudah menikah dan hendak melahirkan dengan menggunakan KIS. Lalu, Anda juga harus mendapatkan rujukan terlebih dahulu dari bidan atau faskes tingkat pertama untuk ke RS. Karena yang menentukan apakah Anda dapat lahiran di RS atau tidak adalah dari bidan atau dokter di faskes tempat Anda berobat. Setelah melahirkan, saya sarankan Anda untuk mengurus KIS keluarga Anda terutama bayi Anda nanti agar saat terjadi sakit, lebih mudah untuk berobatnya.  

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SP
08 May 2020, 11:51
Maaf dok mau nanya skrg kan lg ada wabah corona apakah saya bisa memeriksa kandungan saya dibidan krn puskesmas utk skrg ini tdk melayani pemeriksaan kandungan dan apakah persalinan cesar saya msh bisa di tanggung oleh pemerintah krn ini kehamilan ke 3 saya dan kehamilan sebelum2nya itu cesar trs,mksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
08 May 2020, 15:50
Selamat siang, SP
Terkait pemeriksaan, sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat. Hal ini dikarenakan adanya riwayat persalinan dengan caesar sebelumnya. Sedangkan untuk biaya persalinan ditanggung atau tidak, tergantung dari kondisi kesehatan serta indikasi dilakukannya persalinan secara caesar tersebut.
Terima kasih.
Dibalas oleh SU
21 Jun 2020, 15:04
Numpang nanya dokter saya kan mengunakan kartu kis ini Untuk istri saya melahirkan apakah nanti bayi saya bayar gak pas mau pulang ,,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
22 Jun 2020, 22:42
Selamat malam,
Jika menggunakan jaminan kesehatan seperti KIS dan melakukan persalinan di puskesmas atau di rumah sakit umum daerah, tentunya tidak ada lagi biaya tambahan. Tetapi jika melahirkan di rs swasta atau rumah bersalin lain maka akan menyesuaikan peraturan di fasilitas kesehatan tersebut. Salam sehat.
Dibalas oleh SU
23 Jul 2020, 08:39
Dok apa memang bisa kartu kis di guna kan untuk persalinan di puskesmas ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
24 Jul 2020, 07:12
Selamat pagi SU
Persalinan normal dapat menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di fasilitas kesehatan (Puskesmas) asalkan puskesmas tersebut memiliki fasilitas kamar bersalin. Untuk itu sebaiknya sampaikan kepada Bidan / petugas puskesmas tersebut bila Anda berencana melahirkan menggunakan KIS, selain itu hal ini berfungsi untuk mengetahui apa saja berkas yang perlu disiapkan.
Terima kasih.
Dibalas oleh MD
26 Jul 2020, 12:51
Dok saya mau nanya, apakah saya bisa menggunakan kis untuk persalinan gratis di puskesmas? Tapi sy belum ada kk dengan suami, masih ngikut sma ortu. Sy jg blm punya buku nikah krn blm ckp umur, ktp jg belum ada. Kira2 kis saya bisa digunakan tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
27 Jul 2020, 07:52
Selamat MD,
KIS merupakan salah satu jenis Kartu Indonesia Sehat, kartu tersebut bisa di gunakan untuk fasilitas kesehatan yang di jamin oleh pemerintah, salah satunya adalah persalinan. Terkait kelengkapan syarat yang di butuhkan, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke klinik atau puskesmas terkait agar mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan akurat.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Faktor risiko utama dari penyakit batuk kronis adalah kebiasaan merokok

Hati-hati, Kebiasaan Merokok Bisa Sebabkan Batuk Kronis!

Rokok telah lama diketahui dapat memberikan berbagai dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah batuk. Bahkan, merokok bisa berujung pada batuk kronis. Batuk dikategorikan kronis apabila tidak kunjung sembuh selama 8 minggu. Tembakau di dalam rokok memiliki sejumlah zat kimia yang berbahaya bagi tubuh tertutama untuk saluran pernafasan dan peradangan dalam tubuh.