Apakah masker kain efektif digunakan?

WI Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
selamat sore dok. Maaf mau bertanya saat ini kan dianjurkan untuk selalu memakai masker, nah tapi kan masker bedah langka dok jadi saya pakai masker kain. Itu bagaimana dok apa masker kain efektif?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, WI,

 

Ditengah masa pandemi ini pola hidup menjadi berubah yang awalnya tidak menggunakan masker saat ini diwajibkan sebagai protokol kesehatan harus menggunakan masker. Masker yang baik digunakan adalah masker bedah sekali pakai namun karena saat ini terjadi kelangkaan terhadap masker bedah maka upaya untuk mengatasi dapat menggunakan masker kain.

Lalu apakah masker kain tersebut efektif digunakan untuk membantu menangkal virus. Menjawab hal ini memang masker kain tingkat efektifitasnya hanya sekitar 70% saja namun bagi yang tidak sakit ini lebih bermanfaat daripada tidak menggunakan masker sama sekali. Untuk orang sakit memang dianjurkan menggunakan masker bedah sekali pakai. 

Untuk memutus rantai penularan virus Corona sebaiknya tidak hanya menggunakan masker saja namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan sebagai berikut:

  1. Tetap jaga jarak minimal 1 meter.
  2. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  3. Jika tidak ada sumber air boleh menggunakan handsanitizer.
  4. Jaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin.
  5. Berolahraga rutin.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebelum menjemur pakaian dalam rumah, keringkan dulu dalam mesin cuci

Apakah Anda Boleh Menjemur Pakaian Dalam Rumah?

Menjemur pakaian tidak boleh sembarangan. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar kebersihannya tetap terjaga, terutama bagi Anda yang sering menjemur pakaian dalam rumah.