Menstruasi setelah melakukan hubungan seksual, apakah hamil?

RA Info Penanya: RA
selamat pagi dok, usia saya 24th. saya mau tanya perihal kehamilan. Saya dan suami sedang ada program kehamilan. Kami berdua melakukan hubungan intim seperti biasa dan melakukan ejakulasi di dalam. Namun keesokan harinya saya menstruasi, apakah masih ada kemungkinan hamil dok ?? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, R

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kehamilan memang kondisi yang dinantikan oleh sebagian besar pasangan suami istri. Untuk itu perlu dilakukan hubungan seksual saat istri sedang masa subur. Cara untuk menentukan masa subur adalah Anda harus mengetahui siklus menstruasi Anda terlebih dahulu. Secara normal siklus menstruasi wanita berkisar 21 - 35 hari, dengan rata-rata wanita bersiklus 28 hari. Jika siklus Anda 28 hari, maka masa subur Anda terletak pada 14 hari sebelum Anda menstruasi kembali.

Terkait dengan pertanyaan Anda, bila sehari setelah melakukan hubungan seksual Anda mengalami menstruasi berarti Anda melakukan hubungan seksual tidak dalam masa subur. Sehingga kemungkinan belum terjadi kehamilan. Namun, perlu dipastikan kembali apakah perdarahan tersebut bernar perdarahan menstrausi ataukan adanya luka atau cedera setelah melakukan hubungan seksual. 

Agar program hamil berhasil, lakukanlah hal berikut:

Segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat bila berencana program hamil atau bila terdapat keluhan terkait dengan organ reproduksi wanita.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat pil KB adalah mengatasi gangguan siklus haid

9 Manfaat Pil KB Selain Mencegah Kehamilan

Manfaat pil KB yang utama adalah untuk mencegah kehamilan. Namun alat kontrasepsi ini ternyata bisa digunakan untuk mengatasi kondisi kesehatan lain. Misalnya, gangguan siklus haid, gejala PMS, migrain, dan banyak lagi.