Apakah manfaat minum air kelapa muda untuk paru?

GB Info Penanya: GB, Pria, 23 Tahun
Apa benar air kelapa muda dapat mengurangi kotoran di paru2 karena asap rokok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang GB,

Rokok adalah salah satu produk yang memiliki banyak bahaya bagi kesehatan dimana di dalamnya terdapat lebih dari 4000 bahan yang dapat berpengaruh pada kesehatan terutama mulut, paru dan jantung. Beberapa zat berbahaya sendiri seperti nikotin, tar, karbonmonoksida, aseton, toluen, pestisida, arsen dan lainnya.

Untuk paparan rokok sendiri tidak hanya karena aktif merokok tetapi juga bisa karena terpapar dari orang lain. Lamanya terpapar, jumlah rokok yang dihisap sehari, dan adanya penyakit pemberat lain seperti misalnya asma bisa lebih memperberat risiko kesehatan yang timbul. Sampai saat ini tidak ada makanan atau suplemen yang mampu untuk mengurangi kotoran di paru termasuk air kelapa. Untuk menghindari agar paru tidak semakin berat kondisinya perlu menghindari paparan rokok baik secara aktif dengan mengehentikan kebiasaan merokok ataupun paparan pasif karena orang lain.

Terapkan juga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, perbanyak minum air putih, menjaga kebersihan lingkungan tinggal termasuk harus bebas asap rokok ataupun asap rokok elektrik, rutin berolahraga agar bisa menghindari risiko gangguan kesehatan karena rokok. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan berkala seperti nantinya dilakukan pemeriksaan x-ray ataupun pemeriksaan kapasitas paru dengan spirometri untuk menilai kondisi paru. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

HB
03 Nov 2019, 15:18
Selamat sore dok. Saya punya anak umur 13thn anak saya terkena flek paru-paru ...ank saya LG berobat jln sedangkan anak saya ini takut minum obat .jd saya minta solusi yg tepat untuk kesembuhan anak saya .mungkin dgn jawaban dokter bisa meringankan beban saya dan anak saya ....
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rokok bisa menurunkan daya tahan tubuh, sehingga perokok lebih rentan terserang penyakit

Rokok Tidak Hanya Merusak Paru-paru Namun Juga Daya Tahan Tubuh

Tidak hanya paru-paru, rokok juga akan merusak salah satu sistem terpenting di tubuh, yaitu sistem pertahanan tubuh atau imunitas. Artinya, jika memiliki kebiasaan merokok, maka Anda akan lebih mudah terserang penyakit, termasuk penyakit berbahaya.