Apakah manfaat bio oil untuk kesehatan kulit wajah?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, kenapa ya saya kalau pakai bio malah menjadi jerawatan? Apakah benar bio oil bisa digunakan untuk mengatasi bekas jerawat dan membuat kulit tampak lebih putih dan cantik?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Bio oil adalah jenis produk perawatan wajah, yang mengandung vitamin E, ekstrak calendula, minyak dari beberapa bahan alami (biji bunga matahari, bunga chamomile, bunga lavender, rosemary). Kandungan minyak tersebut dipercaya dapat mengoptimalkan produksi minyak alami pada kulit, dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Manfaat Bio Oil

Bio oil juga dipercaya memberikan manfaat lain bagi kulit dan kecantikan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menghaluskan dan melembabkan kulit
  • Membantu menyamarkan bekas luka, bekas jerawat, atau bercak hitam pada kulit
  • Meratakan warna kulit
  • Mengencangkan kulit
  • Membantu mencegah terjadinya stretch mark

Meskipun bio oil memiliki banyak manfaat, tidak semua orang dapat menggunakannya. Ada orang-orang yang memiliki hipersensitivitas atau alergi terhadap salah satu atau lebih kandungan bio oil, sehingga muncul reaksi seperti ruam, kulit memerah, sampai jerawat. 

Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikan bio oil ke banyak bagian tubuh atau secara rutin, harap mengetes terlebih dahulu. Anda bisa mengoleskannya ke belakang telinga, dan memantau reaksinya dalam waktu 24 jam. Jika ada rasa panas atau gatal, sebaiknya hentikan pemakaian dan jangan digunakan lagi.

Apabila timbul jerawat yang sangat banyak atau bernanah, disarankan Anda dapat berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin ya. Atau, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang produk perawatan kulit, konsultasi langsung juga sangat dianjurkan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Setrika wajah dipercaya mampu menghilangkan kerutan pada wajah

Ingin Coba Setrika Wajah? Kenali Dulu Fakta-Fakta Ini

Kemajuan teknologi membuat kulit wajah bisa diremajakan lewat setrika wajah. Apa saja yang harus Anda ketahui sebelum melalukan prosedur ini?