Apakah malam harus makan?

R Info Penanya: R, Pria, 26 Tahun
Apakah malam harus makan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Makan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk mempertahankan hidupnya. Idealnya seseorang akan makan 3 kali dalam satu hari untuk mencukupi kebutuhan tubuhnya. Namun ada beberapa gangguan yang menyebabkan seseorang malas makan atau tidak napsu makan seperti gangguan lambung, depresi, stres, cemas yang berlebihan akan berat badannya, diabetes, TBC paru, dll.

Perlu tidaknya makan malam tergantung dari bagaimana aktivitas orang tersebut. Bila seseorang kerja atau beraktivitas di malam hari seperti pekerja dengan shift malam, maka tentunya orang tersebut membutuhkan makan di waktu malam untuk mencukupi kebutuhan energinya. Namun bila di malam hari hanya melakukan aktivitas tidur, maka sebaiknya makan maksimal 3 jam sebelum tidur, untuk menghindari asam lambung naik ke tenggorokan. Selain itu Anda juga perlu membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah serta kurangi makanan berlemak.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Garam mengandung dua jenis mineral makro, natrium dan klorida, yang penting namun tak boleh dikonsumsi berlebihan

Berbagai Jenis Mineral Makro yang Tak Boleh Anda Abaikan

Agar tubuh dapat berfungsi dengan baik, Anda tak hanya membutuhkan karbohidrat, lemak, dan protein. Selain tiga zat gizi makro tersebut, Anda juga membutuhkan mineral, yang terbagi atas mineral makro dan mineral mikro. Jenis mineral makro merujuk pada mineral yang Anda butuhkan dalam jumlah besar, sehingga tak boleh diabaikan.