Apakah Makanan Pedas Berbahaya?

BJ Info Penanya: BJ, Pria, 2019 Tahun
Dok bahaya gak terlalu makan makanan yang pedas. terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, BJ

Terimakasih telah bertanya di Forum SehatQ.

Rasa pedas berasal dari senyawa kimia capsaicin. Pada beberapa penilitian memiliki manfaat pada kesehatan. Bila dibandingkan antara mereka yang makan makanan pedas >6x seminggu memiliki angka kematian 15% lebih rendah dari mereka yang hanya makan 1x / seminggu.

Makanan pedas juga tidak menyebabkan tukak lambung. Hati-hati jika memiliki penyakit dispepsia, radang usus atau sindrom iritasi usus besar (Irritable Bowel Syndrome). Kesimpulannya jika makanan pedas membuat sakit perut, maka sebaiknya dihindari.

Makanan pedas juga tidak membuat ambeien tapi jika memang sudah ada lecet di anus maka makanan pedas membuat rasa terbakar. Bahkan makanan pedas bisa membantu diet dengan meningkatkan pemakaian energi dan mengurangi nafsu makan (pada beberapa orang ya)

Makanan pedas jangan sampai masuk mata dan hati-hati saat memegang cabai pedas. Kalau makanan pedas dengan level berlebihan, sudah pasti beresiko untuk yang memakannya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nikmati beragam jenis camilan sehat tengah malam

6 Camilan Sehat Tengah Malam yang Tak Mengganggu Diet Anda

Namun, makan camilan yang tidak sehat di tengah malam dapat mengundang berbagai penyakit, terutama jika Anda segera berbaring tidur setelahnya. Lantas, coba biskuit gandum utuh dan keju, popcorn, granola, yogurt untuk camilan tengah malam Anda.