14 Dec 2020, 11:54Penyakit Lainnya

Apakah makanan empat sehat lima sempurna dapat digantikan dengan suplemen?

P
Info Penanya: P0
Dok, pola makan empat sehat lima sempurna, apakah masih perlu diimplementasikan di zaman yang serba modern ini? Apakah suplemen bisa menggantikan kebutuhan gizi tubuh?
938 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam PL,Berpuluh-puluh tahun lamanya slogan 4 sehat 5 sempurna ini dipakai untuk mencanangkan pola hsidup sehat pada masyarakat. 4 sehat ini terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur serta buah kemudian 5 sempurna dilengkapi dnegan penambahan susu pada setiap menunya. Patokan ini bertujuan agar kita dapat melengkapi asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh. Tetapi slogan ini sudah tidak dipakai oleh kementrian kesehatan dan diganti dengan pedoman gizi seimbang. Meski begitu slogan ini masih kerap dipakai untuk mempromosikan pola hikdup sehat.

Kandungan yang terdapat dalam makanan 4 sehat 5 sempurna meliputi :

  • Makanan pokok sebagai sumber karbohidrat
    nasi, tepung gandum, ubi, singkong, sagu, jagung, mie, roti
  • Lauk pauk sebagai sumber protein hewani dan nabati, lemak, serta mineral
    Unggas, sapi, kambing, makanan laut, telur, kacang-kacangan
  • Sayur-sayuran
    kaya antioksidan dan vitamin serta serat
  • Buah-buahan
    kaya antioksidan dan vitamin serta serat
  • Susu sebagai sumber kalsium, protein, lemak, vitamin dan mineral
Banyak yang mengkonsumsi suplemen sebagai pengganti makanan. Perlu diingat bahwa suplemen hanya membantu melengkapi nutrisi yang diperlukan tubuh.

Suplemen tidak dapat digunakan sebagai pengganti makanan karena tidak memiliki nutrisi berkalori seperti karbohidrat, lemak, dan protein yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme.

Suplemen sendiri penyerapannya lebih rendah dalam tubuh dibandingkan makanan-makanan alami. Selain itu sebagian besar suplemen harus dikonsumsi bersama atau setelah makan agar dapat terserap oleh tubuh.Selain dari makanan untuk menujang kesehatan juga perlu berolahraga secara rutin 3-4 x seminggu selama minimal 30 menit. Tentunya jenis dan porsi makan juga harus ditentukan sesuai dengan kondisi tubuh atau penyakit kronis. Hal ini bisa langsung dikonsultasikan ke dokter spesialis gizi untuk konsumsi makanan yang tepat.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
olahragamakanan sehatnutrisizat gizipola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil