Apakah makanan 4 sehat 5 sempurna bisa menjaga kesehatan otak?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, apa makanan 4 sehat 5 sempurna bisa memperbaiki dan juga menjaga kesehatan otak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Pola makan 'empat sehat, lima sempurna' adalah program yang dicanangkan oleh pemerintah agar masyarakat memiliki kebiasaan makan yang baik. Yang disebut 'empat sehat' adalah empat jenis makanan, yaitu makanan pokok, lauk-pauk, sayur, dan buah. Dilengkapi dengan susu, maka jadilah 'lima sempurna'.

Pedoman Gizi Seimbang

Tetapi, seiring berjalannya waktu, program tersebut sudah tidak relevan lagi diterapkan di masa kini. Konsep tersebut sudah digantikan oleh 'pedoman gizi seimbang', dimana kebutuhan gizi setiap insan berbeda, yang dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu seperti usia, jenis kelamin, dan aktivitas harian.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memenuhi kebutuhan gizi adalah:

  • Mengonsumsi makanan yang bervariasi
  • Mengonsumsi pangan yang aman bagi kesehatan
  • Memenuhi kebutuhan sumber energi (nasi, tepung, sagu, jagung), zat pengatur (sayur dan buah), serta zat pembangun (ikan, ayam, susu, tempe, tahu)
  • Jika ingin mengonsumsi makanan kemasan, baca label terlebih dahulu
  • Memantau agar berat badan tetap ideal

Piring Makanku

Lalu, gerakan 'piring makanku' juga sedang digencarkan akhir-akhir ini. Dimana sebaiknya, setengah piring makan dipenuhi dengan buah dan sayur, dan setengah sisanya diisi oleh karbohidrat dan protein. Dengan makanan yang beragam, maka kebutuhan gizi akan lebih mudah terpenuhi.

Nah, apabila Anda mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi setiap harinya, maka kesehatan akan selalu optimal, termasuk kesehatan otak. Sistem tubuh akan bekerja dengan baik, dimana daya tahan tubuh akan lebih kuat dan jarang terserang penyakit. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut tentang kebutuhan gizi dan pola makan, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis gizi, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu kelebihan diet vegan adalah menurunkan risiko penyakit kanker

Manfaat Diet Vegan yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Diet vegan ternyata memiliki kemampuan mencegah risiko kematian dini dan berbagai penyakit kronis, seperti jantung dan kanker. Diet vegan dipercaya lebih sehat, dibandingkan diet lain yang hanya mengandalkan daging sebagai menu utama.