Apakah makan mie dan coklat bersamaan bisa menyebabkan keracunan?

RR Info Penanya: RR, Pria, 14 Tahun
Dok,apakah makan mie bersamaan dgn coklat bisa menyebabkan keracunan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RR. 

Terimakasih atas pertanyaannya di SehatQ. 

Keracunan makanan adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya mual, muntah, atau diare setelah mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi. Kontaminasi tersebut dapat disebabkan oleh patogen bakteri, virus, atau parasit yang mencemari makanan, dan juga kimia atau racun alami seperti sebagai jamur.

Sejauh ini tidak ada penelitian yang menunjukan efek racun antara Pencampuran mie dan coklat, yang jelas mie terbuat dari tepung yang kandungan utamanya adalah karbohidrat yang mana tersusun oleh glukosa dan coklat pun kandungan utama nya adalah glukosa. Jadi kedua makanan ini tidak akan menimbulkan reaksi yang membahayakan apabila dimakan bersama sama. Beda cerita kalau mie dan cokelat tersebut terkontaminasi oleh kuman atau racun ya. 

Yang jelas mie dan cokelat tidak boleh terlalu sering dimakan bersama sama karena kandungan glukosa-nya yang tinggi yang dapat menimbulkan efek jangka lama apabila dimakan terus menerus dalam waktu lama. Tidak hanya coklat dan mie, begitu juga makanan manis lain nya, juga akan memiliki efek yang sama bila dimakan terus menerus dalam waktu yang lama. 

Efek yang ditimbulkan apabila mengkonsumsi makanan manis atau mengandung karbohidrat tinggi yang berlebihan antara lain bisa meningkatkan resiko diabetes, dan meningkatkan resiko penyakit jantung. 

Jadi makan mie dan coklat atau makanan manis lainnya memang tidak ada reaksi yang ditimbulkan secara langsung, makanlah makanan tersebut dalam jumlah dan frekuensi yang moderat untuk mengurangi resiko penyakit diabetes dan jantung. 

Semoga bermanfaat. 

Salam sehat. 

dr. Sandy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meredakan konstipasi adalah salah satu manfaat asam jawa

Jangan Sepelekan Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan Anda

Manfaat asam jawa untuk kesehatan ada beragam, mulai dari meredakan konstipasi hingga menurunkan kolesterol. Namun ingat, mengonsumsinya secara berlebihan, justru akan merugikan untuk kesehatan.