Apakah luka terbuka sebaiknya dibiarkan terbuka atau diberi plester?

RW Info Penanya: RW, Wanita
Dok..apa benar kalau penyumbatan aliran darah pada luka dapat membuat luka cepat sembuh....misalnya pada luka terbuka seperti kulit yg terkelupas dan terlihat sampai dagingnya....sebaiknya di biarkan terbuka / di beri handsaplast.....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RW

Luka yang terbuka sebaiknya ditutup, cara menutup luka yang baik adalah menyatukan kembali ujung-ke ujung luka terbuka sehingga pada saat penyembuhan hanya menyisakan bekas garis. Caranya dengan melakukan penjahitan pada luka. Luka yang dijahit, jaringan yang sebelumnya terpisah/terputus akan menempel kembali sehingga perdarahan akan ditekan oleh jaringan yang menempel sehingga perdarahan bisa berhenti.

Kemudian luka yang terbuka bila dibiarkan akan mengakibatkan bakteri mudah masuk dan menjadi infeksi. Hasil produksi bakteri akan menghasilkan nanah dan luka menjadi radang serta lebih lama sembuh. Infeksi dapat menyebar ke kulit sekitarnya atau bisa sampai ke pembuluh darah. Bukan luka robek / terbuka saja, luka lecet juga sebaiknya ditutup agar tidak terkena debu atau dihinggapi bakteri yang mengakibatkan infeksi.

Penanganan Berbagai Jenis Luka Agar Tidak Infeksi

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasakan melakukan 7 langkah cuci tangan untuk cegah penyebaran penyakit berbahaya

7 Langkah Cuci Tangan yang Efektif Singkirkan Kuman

Melakukan 7 langkah cuci tangan dengan tepat, dapat membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit, serta mencegah penularan kondisi berbahaya.