Apakah luka sulit sembuh tanda diabetes?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok, kulit saya ada gangguan gitu. Jadi selalu bernanah, abis kering bernanah lagi. Sekarang jadi bengkak kaki dan tangan saya entah karena apa. Apakah ini diabetes, dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Diabetes mellitus merupakan kondisi penyakit yang kadar gula darah yang meningkat lebih dari normal. Pada gula darah sewaktu kadar normalnya adalah kurang dari 200 mg/dL. Sedangkan pada gula darah puasa kadar normalnya kurang dari 126 mg/ dL.

Memang betul, salah satu gejala terkena penyakit diabetes, jika memiliki luka di kulit akan susah sembuhnya. Apalagi pada seseorang yang gula darahnya tidak terkontrol karena gula darah yang tinggi akan membuat saraf di tubuh dan pembuluh darah arteri akan rusak, keadaan ini biasa di sebut dengan neuropati diabetik.

Selain itu gula darah yang tinggi juga akan membuat pembuluh darah arteri mengeras dan menyempit sehingga aliran dari jantung menuju seluruh tbuh menjadi terhambat. Penyempitan arteri juga akan menghambat suplai darah ke bagian tubuh yang terluka.

Untuk itu penting untuk menjaga kadar gula darah Anda stabil atau teratur. Sebaiknya diet rendah gula batasi konsumsi gula, kontrol dan rutin minum obat gula dari dokter penyakit dalam.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat buah pepino semanis dan sesegar rasanya

Jarang Diketahui Orang, Ini Manfaat Buah Pepino yang Mengagumkan

Pepino mungkin masih cukup asing terdengar di telinga Anda. Buah yang berasal dari pegunungan Andes ini diyakini ampuh untuk menyembuhan berbagai penyakit. Apa saja manfaat buah pepino bagi kesehatan?