02 Dec 2020, 14:50Kulit & Kelamin

Apakah kutil di leher berbahaya?

DK
Info Penanya: DK0
Dokter, sebenernya kutil di leher itu normal atau berbahaya sih? Mama saya memang punya keturunan tumbuh kutil di leher. Apa ini perlu diangkat?
127 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang DK,Kutil adalah infeksi virus HPV atau human papilloma virus. Virus ini memiliki banyak jenis dimana beberapa bisa berbahaya. Meskipun begitu, sering kali yang berbahaya adalah virus HPV yang menular melalui hubungan seksual dan terjadi di area kelamin atau area genital yang dikenal dengan istilah kutil kelamin.

Ciri dan gejala kutil

Untuk kutil di bagian kulit lain bisa tidak berbahaya, tetapi tetapi memiliki kemungkinan menular. Beberapa gejala yang bisa disebabkan kutil di kulit diantaranya adalah:
  • Benjolan kecil dipermukaan kulit
  • Bisa beragam warna bisa seperti daging, bisa pink cerah ataupun bisa cokelat lebih gelap
  • Terasa kasar
  • Bisa berada dihampir semua bagian tubuh

Cara menghilangkan kutil

Untuk mengatasinya atau menghilangkan kutil, perlu dilakukan pemeriksaan dulu oleh dokter untuk memastikan bahwa benar kutil dan bukan penyebab lainnya. Nantinya bisa dilakukan beberapa cara penanganan seperti pemberian obat oles misalnya asam salisilat. Selain itu juga bisa dilakukan tindakan lain seperti pembekuan atau cryotheraphy, perawatan laser, ataupun metode pembedahan untuk menghilangkan kutil tersebut.Upayakan menghindari pemakaian barang pribadi bersama seperti misalnya penggunaan pakaian, handuk, sering mencuci tangan, jangan menggosok atau menggaruk kutil agar tidak menular pada orang lain. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
infeksi viruskutilinfeksi kulithpv
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil