Apakah kusta termasuk penyakit yang bisa kambuh setelah diobati ?

BW Info Penanya: BW, Pria
Sy penderita kusta. Dan suda berobat 1 tahun. Tapi bekas kusta masih ad. Apakah itu kambuh dokter...???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam BW,

Kusta atau Lepra adalah penyakit yang disebabkan bakteri Mycrobacterium leprae. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh manusia lewat saluran pernafasan. Bakteri ini termasuk bakteri yang suka dengan udara dingin, sehingga setelah masuk bakteri ini berpindah ke bagian kulit yang lebih dingin semisal kulit kepala ataupun selangkangan. Setelah itu bakteri ini mulai menginfeksi sel saraf penderita. Bakteri ini juga termasuk bakteri yang ganas dan dapat menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

Diantara gejala penyakit ini adalah :

  1. Adanya beberapa bulu misal bulu mata atau kepala rontok
  2. Penurunan Berat Badan
  3. Pembesaran pada saraf tepi, terlihat dengan mata telanjang terutama di daerah sikut dan lutut.
  4. Kelemahan otot.
  5. Adanya bisul ataupun luka yang tidak terasa sakit
  6. Adanya rasa baal atau mati rasa pada bagian tubuh yang terinfeksi, hal ini disebabkan bakteri telah menyerang saraf di daerah tersebut.

Kusta adalah penyakit yang perkembanganya progresif dan masif sehingga perlu dilakukan pengobatan secara dini dan teratur agar perkembangan bakteri ini bisa ditekan dan tidak menjadi lebih ganas lagi yang nantinya menimbulkan komplikasi yang lebih berbahaya misalnya adanya kecacatan pada penderita. Penyakit ini termasuk yang bisa relaps (kambuh) selama penderita tidak mengkonsumsi obat dalam hal ini antibiotik jenis MDR (Multi Drugs Resistance) secara teratur sesuai anjuran dokter. sebaiknya Anda konsultasikan masalah Anda dengan dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Bersama ini saya sertakan artikel Kenali komplikasi kusta dan Pengobatan antibiotik ampuh untuk kusta. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat bawang putih bisa didapatkan dengan mengonsumsi beberapa siung bawang putih mentah

12 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat bawang putih tidak hanya untuk menjadi bumbu dapur penyedap rasa dan peningkat aroma, tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan performa olahraga dan mencegah pilek.