Apakah kunyit bisa menyembuhkan dismenore?

NB Info Penanya: NB, Wanita, 29 Tahun
Pagi dok, saya wanita berusia 25 tahun, sejak saya pertama mengalami menstruasi, saya selalu mengalami kram perut bagian bawah yang parah di hari pertama hingga kedua menstruasi. Belakangan ini, teman kantor saya ada yang merekomendasikan kunyit unyuk mengatasi kram perut atau dismenore saya. Apakah benar ada efeknya, dok? Lalu kalau benar, bagaimana cara mengonsumsi kunyit tersebut? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Dismenore adalah nyeri tau kram perut bagian bawah yang dirasakan selama haid. Keadaan ini disebabkan karena kontraksinya otot rahim akibat hormon prostaglandin. Faktor risiko dismenore yaitu usia di bawah 30 tahun, haid yang tidak teratur, merokok, sering mengalami perdarahan yang banyak saat haid, dan kondisi medis tertentu seperti endometriosis, adenomiosis, mioma, penyakit radang panggul. 

Kunyit merupakan bahan tradisional yang sering digunakan dalam berbagai pengobatan. Kunyit bersifat analgesik sehingga memiliki khasiat yang ampuh untuk wanita yang sedang haid. Beberapa maanfaat kunyit yaitu melawan PMS (sindrom pramenstruasi), mengatasi kram perut, mengatasi nyeri haid, mengatur siklus haid, mengurangi mood yang swing dan depresi, mencegah infeksi, mengobati perut kembung dan sembelit. 

Cara mengonsumsi kunyit yang benar sehingga bisa memberikan efek yang baik yaitu bisa dengan cara dibuat sebagai jamu atau kunyit dicampur dengan susu sehingga menjadi susu kunyit. Bisa juga dengan cara kunyit direbus dan air rebusannya dikonsumsi. 

Jika Anda mengalami nyeri haid yang cukup parah dan sering terjadi, saya sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan agar dapat diperiksa dan diobati dengan tepat. 

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi endometrium pada tubuh wanita berhubungan dengan proses reproduksi

Inilah Peran dan Fungsi Endometrium untuk Kesehatan Wanita

Fungsi endometrium pada tubuh wanita berhubungan dengan proses reproduksi. Bagian ini memiliki peran penting dalam siklus menstruasi serta selama masa kehamilan.