Apakah kucing yang terkena cacing pita bisa menular ke manusia?

D Info Penanya: D, Wanita, 23 Tahun
dok, apakah kucing yang terkena cacing pita bisa menular kemanusia? karena saya sering membersihkan kandangnya dan mulai merasa gatal.terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D,

Timbulnya rasa gatal setelah membersihkan kandang hewan dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti diantaranya:

  • Reaksi alergi terhadap alergen seperti bahan pembersih, bulu hewan, debu, pasir, dan lainnya
  • Infeksi kulit dapat disebabkan oleh jamur kulit, kutu hewan
  • Cakaran hewan

Untuk itu apabila membersihkan kandang hewan peliharaan perlu untuk melindungi diri dengan menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan dan masker, tidak lupa sebelum dan setelahnya untuk mencuci tangan hingga bersih. Upayakan juga untuk memandikan hewan secara teratur dan memeriksakan kesehatan hewan pada dokter hewan secara berkala agar kesehatan hewan peliharaan terjaga.

Infeksi cacingan sendiri beragam jenisnya seperti cacing pita dan cacing tambang dapat ditimbulkan oleh hewan peliharaan karena mengontaminasi tanah dan pasir sehingga dapat menyentuh kulit manusia dan mengontaminasi makanan sehingga menyebabkan infeksi pada manusia dan menimbulkan gangguan pada saluran pencernaan. Untuk itu perlu mengolah makanan dengan baik dan bersih serta memasaknya hingga matang untuk menghindari telur yang mengontaminasi makanan termakan dan menimbulkan infeksi pada manusia. 

Jika keluhan gatal menetap, gunakan bedak salisil atau lotio calamine untuk meradakan gatal dan periksakan diri pada dokter untuk memastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehatQ,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Reaksi alergi bisa menimbulkan biduran dan gatal pada kulit akibat peningkatan histamin di bawah permukaan kulit

5 Penyebab Biduran pada Kulit yang Perlu Anda Kenali

Biduran dapat menimbulkan kemerahan, gatal, dan bentol pada kulit. Ada lima penyebab biduran yang harus diketahui, yaitu reaksi alergi, aktivitas di luar ruangan, gejala penyakit tertentu, olahraga, dan kondisi psikologis.