10 Jun 2020, 12:31Penyakit Lainnya

Apakah konsultasi kehamilan dengan bidan terdekat diperbolehkan?

CS
Info Penanya: CS0
Pagi dok, saat ini saya sedang memasuki usia kehamilan 7 bulan. Kadang-kadang saya suka merasakan kontraksi. Apa boleh saya periksa ke bidan terdekat yang bukan dokter kehamilan saya?
10361 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam CS,Kontraksi pada usia kehamilan tujuh bulan adalah hal yang perlu diwaspadai, karena pada usia kehamilan tujuh bulan usia janin belum matang dan belum siap untuk dilahirkan. Kontraksi sendiri dapat timbul karena beberapa hal seperti:
Untuk memastikan kondisinya, Anda bisa melakukan pemeriksaan baik pada bidan ataupun pada dokter kandungan terdekat. Bidan juga memiliki ketrampilan dan kompetensi untuk melakukan pemeriksaan antenatal, melakukan perawatan, membantu proses persalinan ataupun juga perujukan apabila kondisinya memerlukan penanganan di fasilitas lebih lanjut ataupun memerlukan pemberian obat resep.Dalam kondisi ini, ibu bisa memeriksakan kehamilan pada bidan untuk mengetahui apa penyebab terjadinya kontraksi dan ada tidaknya tanda-tanda kegawatan yang diperlukan penangana lebih lanjut salah satunya bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan denyut jantung janin ataupun lab sederhana untuk menilai ada tidak masalah kesehatan dan diberikan penanganan yang tepat.Apabila frekuensi kontraksi menjadi lebih sering dan teratur, kekuatan kontraksi makin kuat, titik kontraksi mulai dari punggung hingga perut, dan juga timbul rasa nyeri, adanya flek ataupun lendir darah, maka perlu segera ke rumah sakit untuk memastikan kondisinya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
menjaga kehamilankontraksipemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil