25 Apr 2021, 06:44Kulit & Kelamin

Apakah komestik kadaluarsa masih bisa dipakai?

E
Info Penanya: E0
Dok, apakah komestik kadaluarsa masih bisa dipakai?
76 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Produk kecantikan di produksi dengan adanya tanggal kadaluarsa, karena ditakutkan akan adanya perubahan kimia yang dapat terjadi jika produk sudah berusia lebih dari tanggal tersebut. Produk yang sudah melewati masa kadaluarsanya sebaiknya tidak digunakan lagi karena mungkin saja efeknya sudah berkurang atau hilang, dan bahkan bisa saja menyebabkan adanya reaksi kimia pada tubuh yang tidak diinginkan. 

Penggunaan produk kadaluarsa

Penggunaan produk yang sudah kadaluarsa dapat menimbulkan iritasi maupun alergi yang memiliki gejala yaitu ruam, jerawat, kemerahan, perih, hingga kulit kering dan mengelupas. Penggunaan produk kecantikan terutama yang digunakan pada wajah yang memang memiliki struktur kulit yang lebih tipis dan lebih sensitif dibandingkan kulit dibagian tubuh lainnya, seharusnya lebih diperhatikan secara hati-hati. Penggunaan produk yang salah dapat berakibat jangka panjang misalnya timbul efek samping flek di wajah yang tidak dapat hilang seumur hidup.

Menghindari produk kadaluarsa

Untuk itu, setiap kali membeli kosmetik, perhatikan tanggal kadaluarsanya. Jika memungkinkan pilihlah produk dengan tanggal kadaluarsa terjauh dari tanggal pembelian yang artinya Anda memilih produk dengan tanggal produksi paling baru. Selain itu, buanglah kosmetik yang sudah lama tidak digunakan, mengalami perubahan warna atau perubahan wangi, dan hindari penggunaan kosmetik yang sudah sangat mendekati tanggal kadaluarsa misalnya hentikan penggunaan pada 1-2bulan sebelum tanggal kadaluarsa.Jika sudah terlanjur menggunakan produk kadaluarsa, lakukan pemeriksaan atau chat ke dokter.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
perawatan kulitproduk kecantikankosmetik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil