Apakah kista rahim jadi penyebab sulit hamil?

MK Info Penanya: MK
Dok, Saya sudah menikah lebih dari 4 tahun tapi sampai saat ini belum memiliki momongan. Beberapa bulan lalu sempat merasa senang karena saya dinyatakan hamil oleh dokter. Tapi saya mengalami keguguran saat masa kehamilan 2-3 bulan dan diberikan obat oleh dokter untuk membersihkan rahim. Tapi belakangan ini saya periksa ke dokter dan divonis memiliki kista di rahim saya. Apakah kista rahim ini akibat keguguran atau sudah ada sebelumnya ya Dok? Dan apakah saya bisa hamil kembali?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MK,

Kista rahim adalah adanya kantung yang terbentuk di rahim ataupun indung telur atau ovarium. Adanya kista ini bisa menjadi berbahaya ataupun tidak dimana jika membesar dan mengganggu aliran darah maka perlu segera di atasi. Keluhan yang bisa ditimbulkan oleh kista di organ reproduksi diantaranya siklus menstruasi yang menjadi tidka teratur, nyeri perut bawah, nyeri saat berkemih, perut kembung, nyeri saat berhubungan badan dan keluhan lainnya.

Penyebab kista sendiri tidak diketahui pasti tetapi bisa dikarenakan oleh hormonal tubuh. Untuk memastikannya bisa dilakukan beberapa pemeriksaan seperti lab darah, USG, dan lainnya. Untuk mengatasinya sendiri adalah salah satunya dengan pengobatan ataupun jika perlu dilakukan tindakan operasi. Jika jumlahnya banyak dan mengganggu sirkulasi dan mengganggu pematangan sel telur maka bisa menyebabkan gangguan kesuburan.

Jika kista sudah teratasi tentunya bisa kembali hamil untuk itu kembali konsultasikan pada dokter spesialis kandungan dan juga perlu menjaga kehamilan nantinya karena riwayat keguguran sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat pil KB adalah mengatasi gangguan siklus haid

9 Manfaat Pil KB Selain Mencegah Kehamilan

Manfaat pil KB yang utama adalah untuk mencegah kehamilan. Namun alat kontrasepsi ini ternyata bisa digunakan untuk mengatasi kondisi kesehatan lain. Misalnya, gangguan siklus haid, gejala PMS, migrain, dan banyak lagi.