Apakah kista epidermoid bisa tumbuh kembali?

U Info Penanya: U, Wanita
Apakah jaringan kista epider.oid yang sudah di keringkan di operasi bisa terisi cairan kembali ? Bagaimana caranya agar tidak tumbuh kembali?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi U,

Kista epidermoid adalah adanya kantung berisi cairan kental berwarna kuning dan berbau yang terbentuk dari folikel rambut. Jika mengalami peradangan atau infeksi bisa menimbulkan tanda inflamasi seperti nyeri, kemerahan, terasa hangat dan juga bisa membengkak. 

Penyebabnya sendiri adalah akibat adanya protein yang tertimbun dan terjebak di folikel rambut dimana terjadi akibat kerusakan kulit seperti akibat trauma ataupun adanya infeksi kulit. Jerawat dan paparan matahari dalam waktu lama juga bisa memicu terjebaknya protein tersebut jadi untuk mencegah agar tidak tumbuh kembali adalah gunakan tabir surya, jaga kebersihan kulit, karena salah satunya pemicunya adalah virus HPV jadi bisa dilakukan vaksinasi, hindari memecahkan jika ada jerawat di punggung, dan hindari menggaruk terlalu kerasa agar tidak menimbulkan kerusakan kulit.

Apabila sudah dilakukan penanganan kista dengan pengeringan tetapi kantung masih ada, memiliki kemungkinan untuk kembali terisi. Jadi jika berulang ada baiknya dilakukan operasi untuk menghilangkan kantung dari kista tersebut. Periksakan kondisi ini pada dokter kulit ataupun dokter bedah agar dilakukan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sejumlah kandungan pada minyak almond, termasuk vitamin E, berguna bagi kesehatan kulit.

Sudah Coba Essential Oil Ini, yang Bermanfaat bagi Kesehatan Kulit dan Kecantikan?

Essential oil atau minyak atsiri, ternyata memiliki manfaat untuk membuat kulit sehat. Bahkan, essential oil pun kini menjadi alternatif pengobatan klinis. Selain harganya terjangkau, ada bahan essential oil yang mudah Anda dapatkan.